Kadis Dukcapil Dairi Berikan Sosialisasi Tuntas Adminduk di Desa Barisan Nauli Sumbul

25 Mar 2022     437

Barisan Nauli-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si melaksanakan kegiatan sosialisasi penuntasan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa Barisan Nauli Kecamatan Sumbul, Jumat (25/03).

Dalam paparannya dihadapan Kepala Desa Barisan Nauli Saridayan Malau, Sekdes Guntur S. Sijabat, Perangkat Desa dan seluruh Kepala Dusun (Kadus) yang hadir, Kadis menerangkan bahwa untuk mewujudkan Dairi Unggul, pelayanan urusan dokumen kependudukan harus diperkuat sampai ketingkat Desa.
"Pelayanan di Desa menjadi fokus pelayanan kami saat ini untuk lebih mendekatkan dan mempermudah pelayanan dimasyarakat. Masyarakat tidak perlu lagi repot untuk mengurus dokumennya khususnya dalam membuat perubahan Kartu Keluarga (KK) karena adanya penambahan anak, pembuatan akta kematian, permohonan pengantian KTP, pembuatan KIA dan sebagainya, sudah dapat dilakukan di desa," jelasnya.

Lebih lanjut, Kadis juga menerangkan bahwa saat ini masyarakat yang datang mengurus dokumen ke Dinas Dukcapil sudah semakin berkurang karena pelayanan sudah tersedia di Desa kecamatan maupun di Kantor Desa. Walo begitu, program baru yang akan dilakukan adalah turun kerumah-rumah warga untuk mengecek dan mendata seluruh dokumen warga yang belum lengkap untuk selanjutkan melengkapi berkas persyaratan untuk mengurus dokumen kependudukan yang diperlukan.
"Secara umum, masyarakat mengurus dokumen kependudukannya karena suatu hal keperluan atau kebutuhan. Akan tetapi program kita saat ini adalah, memenuhi hak-hak konstitusional seluruh warga terkait dokumen kependudukan. Oleh karena itu, program tuntas adminduk saat ini adalah Perangkat Desa bersama Kepala Dusun dengan melakukan kegiatan door to door kerumah-rumah warga untuk mengecek dokumen-dokumen kependudukan warga yang belum lengkap," terangnya kepada seluruh perangkat desa dan kadus yang hadir.
Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu sangat komit dan konsisten untuk memberikan pelayanan terbaik dengan harapan melalui visi misi Dairi Unggul, seluruh dokumen kependudukan warga dapat dituntaskan.
Permasalahan-permasalahan yang selama ini terjadi seperti pelayanan yang lama, berbelit-belit, adanya diskriminasi, tidak adanya terintegrasi pelayanan dan lainnya secara bertahap dibenahi dan diperbaiki agar jargon perubahan benar-benar terlihat dan dirasakan seluruh warga.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Desa Barisan Nauli Saridayan Malau menyambut gembira program yang disampaikan pemerintah dalam memberikan pelayanan prima khususnya dalam penyelesaian dokumen kependudukan khususnya kepada masyarakat Desa Barisan Nauli.
"Kami sangat mendukung program ini karena tanpa dokumen kependudukan, warga tidak akan dapat memperoleh hak-haknya seperti mendapat bantuan sosial, mendaftarkan anak kesekolah dan lainnya. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu atas layanan perkebbas. Melalui aplikasi tersebut, kami tidak lagi sulit membantu warga kami dalam urusan dokumen kependudukan. Sudah ratusan dokumen permohonan warga telah terbit melalui layanan tersebut. Kami benar-benar merasakan perubahan pelayanan urusan dokumen kependudukan. Dairi Unggul semakin kami rasakan dan nikmati. Terimakasih Bupati Dairi," kata Kades dalam sambutan.

Hal senada juga disampaikan Sekdes Barisan Nauli Guntur K Sijabat yang mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Desa Barisan Nauli yang menambah wawasan dan pengetahuan seluruh perangkat dan kepala dusun dalam urusan dokumen kependudukan.
"Kegiatan sosialisasi ini adalah kali pertama kami terima apalagi langsung disampaikan Kepala Dinas Dukcapil. Banyak hal yang disampaikan yang selama ini tidak kami pahami dan ketahui. Ketika diterangkan, semuanya begitu sederhana dan mudah. Melalui penjelasan tersebut, kami nyakin dan optimis, program yang disampaikan dapat kami laksanakan sesuai harapan untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menyelesaikan seluruh dokumen warga yang belum lengkap," ungkapnya dengan penuh semangat.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=301066082140495&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB