Kadis Dukcapil Dairi Berikan Sosialisasi Wujudkan Dairi Unggul Melalui Penuntasan Dokumen Adminduk di Desa Sileuh-Leuh Parsaoran

23 Mar 2022     244

Sileuh-Leuh Parsaoran-Bertempat di Aula Kantor Desa Sileuh-leuh Parsaoran, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Deddy Situmorang, SE, M.Si memberikan sosialisasi tentang wujudkan Dairi Unggul melalui penuntasan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) khususnya kepada seluruh warga Desa Sileuh-leuh Parsaoran Kecamatan Sumbul, Rabu (23/03).

Hadir sebagai peserta dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Sileuh-leuh Parsaoran Agustina br Silaban, Sekdes Rinal Anju Meliala, Kasi Pemerintahan Taruli Sidabariba, Perangkat Desa dan 4 Kepala Dusun (Kadus).

Dalam paparannya, Kadis menjelaskan beberapa dokumen adminduk yang penting menjadi perhatian adalah Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI), akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian dan akta perceraian.
"Seluruh dokumen tersebut harus diingat seluruh aparat desa karena nantinya dokumen tersebut akan kita lengkapi untuk memenuhi seluruh hak-hak konstitusional seluruh warga. Kedepan, tidak ada lagi warga yang tidak lengkap dokumen adminduk. Memang kami akui, selama ini pelayanan kami kurang maksimal dengan berbagai faktor akan tetapi kami terus berupaya memberikan pelayanan agar lebih baik dan maksimal untuk memuaskan seluruh warga," jelas Kadis dihadapan seluruh Aparat Desa Sileuh-leuh Parsaoran.

Kedatangan Dinas Dukcapil Dairi pada saat ini untuk mengajak Pemerintah Desa untuk memberikan pelayanan prima kepada warga melalui pelayanan door to door. Pelayanan ini adalah pelayanan yang langsung turun kerumah-rumah warga untuk mendata dan mengecek dokumen kependudukan memastikan seluruh warga lengkap dokumen adminduknya.
"Selama ini warga mengurus dokumen kependudukan karena faktor kebutuhan untuk keperluan sesuatu hal, padahal sesungguhnya dokumen kependudukan itu adalah hak seluruh Warga Indonesia. Akan tetapi warga sering abai bahkan tidak peduli pentingnya dokumen tersebut sehingga apabila suatu saat diperlukan, warga tersebut kesulitan. Jadi momen inilah kita manfaatkan menyelesaikan seluruh dokumen warga," ujarnya.
Dia juga mengatakan dalam slidenya bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi dikepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu telah menyusun dan menetapkan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten dairi 2019 – 2024 yang salah satu programnya Dairi Gerak Cepat melalui penuntasan kepemilikan dokumen kependudukan seluruh Warga Dairi.

Sementara itu, Kades Sileuh-leuh Parsaoran Agustina br Silaban mengucapkan terimakasih atas kedatangan Dinas Dukcapil memberikan sosialisasi ini karena sebagai solusi dalam membantu menyelesaikan permasalahan dokumen kependudukan yang belum lengkap.
"Sering sekali masalah dokumen kependudukan ini muncul, sehingga sangat sulit warga mendapatkan bantuan-bantuan sosial maupun keperluan lainnya yang memerlukan dokumen kependudukan sebagai syaratnya. Program ini sangat kami harapkan menyelesaikan permasalahan tersebut," tuturnya dengan senyum.
Sebelum acara ditutup, Kades mengintruksi kepada seluruh jajarannya untuk serius dan benar-benar menindaklanjuti seluruh program dan kegiatan tersebut agar permasalahan dan kebutuhan warga akan dokumen kependudukan dapat diselesaikan dengan cepat.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=298652652381838&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB