Program Penuntasan Dokumen Adminduk Hadir di Desa Palipi Silima Pungga-Pungga

03 Mar 2022     360

Palipi-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si hadir sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi tuntas dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa Palipi Kecamatan Silima Pungga – Pungga, Balai Desa Palipi, Rabu, (02/03).

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa (Kades) Palipi Rudi Sianturi, Sekretaris Desa (Sekdes) Evayanti Sitompul, seluruh perangkat desa dan tiga orang Kepala Dusun. Sedangkan rombongan dari Dinas Dukcapil Dairi yang ikut, Pejabat Fungsional Nurdingse Simbolon, Rosline Munte, Jenta Sinaga, Yohanna Pratedina Ketaren, Listra Sumihar Pasaribu, SE dan staf Tigor Effeddy Sitorus.

Dalam paparannya yang berjudul mewujudkan Dairi Unggul melalui penuntasan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk), Kadis mengatakan bahwa program ini terus dan konsisten dilaksanakan dari desa ke desa se-Dairi, bertemu langsung dengan seluruh Kades, Sekdes, seluruh Perangkat Desa dan Kepala Dusun.
"Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu sangat serius memperhatikan seluruh kebutuhan warganya terutama dalam melengkapi seluruh dokumen kependudukan. Alasan itulah, kami hadir saat ini," ungkap Kadis Dukcapil Dairi.

Untuk dapat mewujudkan program tersebut, Dinas Dukcapil Dairi bersama – sama dengan Pemerintah Desa Palipi harus bergandeng tangan dan berkolaborasi dalam memberikan pelayanan prima dan berkualitas kepada warganya melalui pendataan dan melakukan pengumpulan dokumen-dokumen kelengkapan yang dipersyaratan.
"Pelayanan kita saat ini bukan lagi menunggu di Kantor Dukcapil maupun di Kantor Desa akan tetapi kita memberikan pelayanan jemput bola atau langsung turun ke rumah-rumah warga, door to door untuk melakukan pendataan dokumen yang ada maupun yang belum ada. Kita akan melengkapi seluruh dokumen yang belum dimiliki warga seperti pengantian KK yang tidak lagi update, perubahan KK karena penambahan anggota keluarga, perubahan elemen data, pembuatan Akta kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian dan dokumen lainnya," jelasnya.
Hari ini akan diserahkan juga data-data penduduk yang bermasalah seperti data ganda, data penduduk yang belum melakukan rekam KTP dan juga data penduduk yang belum memiliki akta kelahiran dan akta perkawinan.

Terakhir dia berharap, Desa Palipi dapat berlomba menjadi Desa Percontohan dan selanjutnya menerima sertifikat dari Bupati Dairi sebagai Desa Tuntas Dokumen Adminduk untuk Tahun 2022.
Kades Palipi Rudi Sianturi dalam sambutannya mengatakan siap mendukung program yang sampaikan untuk mewujudkan Dairi Unggul melalui penuntasan dokumen kependudukan warganya.
"Atas nama Pemerintah dan Warga Desa Palipi sangat mendukung dan bersedia menindaklanjuti seluruh program yang disampaikan. Program tersebut sangat sesuai dengan rencana kerja kami di awal kepemimpinan kami sebagai Kepala Desa. Selepas dari pertemuan ini, kami akan bahas kembali data-data yang diberikan dan juga mengumpulkan seluruh dokumen yang diperlukan sebagai permohonan mengajukan dokumen kependudukan," tuturnya dengan semangat.

Sebelum meninggalkan balai desa tersebut, Kadis Dukcapil Dairi bersama rombongan dan Kades Palipi beserta jajarannya berfoto bersama sebagai bentuk komitmen yang tinggi untuk berkolaborasi mewujudkan Dairi Unggul.

Berita ini juga dapat dibaca di: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=286255486954888&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB