Program Tuntas Adminduk Dinas Dukcapil Dairi Hinggahi Desa Lae Itam dan Desa Lae Markelang

28 Mar 2022     559

Siempat Nempu Hilir-Untuk mendukung program Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang tercantum dalam dokumen Rencana Pembanguan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024 khususnya dalam meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan seluruh warga, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi terus gencar melakukan sosialisasi program tersebut ke seluruh desa-desa se-Dairi.

"Kegiatan sosialisasi di Desa Lae Itam dan Desa Lae Markelang merupakan kunjungan desa yang ke 26 dan ke 27 yang telah dikunjungi. Dalam setiap kunjungan kami, selalu disampaikan topik tentang mewujudkan Dairi Unggul melalui penuntasan dokumen Administrasi Kependudukan," ungkap Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dihadapan para Kepala Desa , Sekdes, Perangkat Desa dan Kepala Dusun di masing-masing Kantor di kedua Desa tersebut, Senin (28/03).
Program ini bukan lagi menunggu warga datang ke Kantor Desa akan tetapi seluruh Perangkat Desa bersama Kepala Dusun akan turun kerumah-rumah atau door to door untuk langsung mengecek dan bertanya langsung kewarga, dokumen apa yang belum lengkap dan belum dimiliki, mulai dari orangtua termasuk anak-anaknya.

"Secara umum warga yang datang ke Kantor Desa mengurus dokumennya karena ada keperluan atau kebutuhan untuk mengurus BPJS, mendapatkan bantuan sosial, mendaftarkan anak kesekolah atau membuka tabungan, selebihnya tidak ada ambil peduli untuk melengkapi dokumen. Secara umum, masyarakat kita belum sadar akan dokumen adminduk sehingga berdasarkan data kami masih banyak warga belum memiliki akta perkawinan, akta kelahiran termasuk belum rekam KTP dan data ganda," papar Kadis dengan tegas kepada seluruh peserta yang hadir.
Saat ini kita bekerja berdasarkan data. Kami telah siapkan data-data tersebut untuk selanjutnya nantinya mengecek langsung kepada warga untuk selanjutnya kita lengkapi berkas dokumen yang diperlukan untuk mengurus dokumen kependudukan.

"Melalui program ini, secara bertahap dokumen-dokumen warga yang belum lengkap akan kita tuntaskan agar seluruh hak-hak konstitusional warga kita berikan kembali. Melalui kelengkapan dokumen tersebut, warga tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan hak-haknya. Oleh karena itu, kita harus bekerja keras untuk mengumpulkan dokumennya, kami memproses dan selanjutnya menyerahkan kembali kepada warga," tuturnya.

Kades Lae Itam Pargaulan Simbolon dalam sambutannya sangat gembira atas kehadiran Dinas Dukcapil Dairi memberikan sosialisasi program tuntas adminduk ke Desa karena kegiatan akan menambah pengetahuan dan wawasan perangkat desanya khususnya dalam pengurusan dokumen kependudukan.
"Banyak permasalahan yang kami hadapi terkait urusan dokumen warga kami, seperti selama ini banyak warga tidak memiliki Kartu Keluarga (KK), Akta lahir dan KTP akan tetapi melalui aplikasi perkebbas sudah praktis dan mudah. Desa kami sangat jauh dari sidikalang, melalui aplikasi perkebbas sangat menolong kami dalam melayani warga. Perekaman dan cetak KTP juga sudah ada di kantor Camat. Kami sangat mengapresiasi perubahan urusan dokumen kependudukan yang sudah sangat kami rasakan. Semoga pelayanan ini dapat terus bertahap dan ditingkatkan untuk wujudkan Dairi Unggul," katanya dengan penuh semangat di Kantor Desanya di Lae Itam.

Sementara itu dari Kantor Desanya, Kades Lae Markelang Martin Marbun dalam sambutan selamat datangnya mengatakan sangat mendukung program Dairi Unggul dalam menuntaskan dokumen adminduk warganya karena masih banyak dokumen kependudukan warganya belum lengkap.
"Program ini sangat kami dukung untuk menuntaskan dokumen warga kami. Terpenuhi dokumen kependudukannya akan mempermudahkan kami untuk bekerja dalam meningkatkan kesejahteraan warga kami. Diharapkan seluruh perangkat desa dan kepala dusun untuk benar-benar mengikuti kegiatan sosialisasi dengan serius agar ketika turun kerumah-rumah warga tidak lagi ada kendala," sebutnya kepada seluruh jajarannya.
Hadir dalam kegiatan sosialisasi di Desa Lae Itam, Kades Lae Itam Pargaulan Simbolon, Sekdes Rustinne Padang, Perangkat Desa dan 11 Kepala Dusun (Kadus). Sedangkan di Desa Lae Markelang hadir Kades Lae Markelang Martin Marbun, Sekdes Tarapul Sinaga, perangkat desa dan 9 Kadus.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=301820185398418&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB