Program Tuntas Adminduk Hadir di Desa Sipoltong Siempat Nempu Hulu

24 Mar 2022     529

Sipoltong-Program peningkatan cakupan kepemilikan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) melalui kegiatan sosialisasi tuntas adminduk terus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi dilakukan dari desa ke desa di seluruh wilayah Kabupaten Dairi. Pada hari ini, dilaksanakan di Desa Sipoltong Kecamatan Siempat Nempu Hulu bertempat di Kantor Desa Sipoltong yang dihadiri seluruh Perangkat Desa dan Kepala Dusun, Kamis (25/03).
Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Dukcapil setiap hari ini turun ke desa – desa memberikan penjelasan terkait dokumen – dokumen penting dukcapil, persyaratan dan kemudahan-kemudahan lainnya dengan tujuan seluruh masyarakat dapat melengkapi seluruh dokumen kependudukannya.

Demikian penjelasan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dihadapan Kepala Desa (Kades) Sipoltong Hobbi Calces Angkat yang diwakili Kasi Pemerintahan Andre Roy Hutapea bersama seluruh Perangkat Desa dan Kepala Dusun yang hadir.
"Selama ini pengurusan dokumen kependudukan dirasa sebagian orang begitu sulit, lama, berbelit-belit, kurang transparan dan biaya cukup tinggi karena harus menunggu cukup lama dan berasal dari daerah yang jauh, sehingga pelayanan kurang memuaskan karena dokumen yang diharapkan selesai dengan cepat dan mudah tidak diperoleh," tutur Kadis.
Lebih lanjut Dia juga menuturkan bahwa Dinas Dukcapil Dairi pada saat ini terus melakukan pembenahan standar pelayanan untuk lebih baik dan maksimal agar permasalahan-permasalahan yang selama ini muncul tidak akan terulang lagi termasuk seluruh pelayanan pengurusan dokumen tidak dipungut biaya atau Gratis.

Program tuntas adminduk di Desa adalah program prioritas yang telah ditetapkan dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Daerah Tahun 2019 – 2024 dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Dairi Unggul yang menyejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman.
Adapun program ini adalah melakukan pendataan, pengecekan dan mengindetifikasi dokumen-dokumen yang belum lengkap atau yang bermasalah yang ada dimasyarakat dan selanjutnya memgumpulkan berkas-berkas permohonan untuk selanjutnya melakukan pengurusan dokumen kependudukan yang diperlukan warga tersebut.
"Diharapkan Kepala Desa bersama seluruh perangkatnya termasuk Kepala Dusun untuk turun kerumah-rumah warga melakukan kegiatan tersebut. Kita akan melakukan pelayanan jemput bola atau pelayanan jempol adminduk, door to door. Kita tidak lagi menunggu warga datang ke kantor desa mengurus dokumen kependudukannya, akan tetapi kita langsung menanyakan dokumen kependudukan yang belum lengkap pada masyarakat," jelas Kadis kepada seluruh peserta sosialisasi.

Sementara itu Kades Sipoltong Hobbi Calces Angkat yang diwakili Kasi Pemerintahan Andre Roy Hutapea dalam sambutannya berterimakasih terlaksananya kegiatan sosialisasi tuntas adminduk di Desanya. Semoga melalui kegiatan ini, apa kendala dan permasalahan warga terkait dokumen kepedudukan dapat diatasi dengan cepat.
"Kami bersyukur dan berterimakasih diberikan pemahaman terkait pengurusan dokumen kependudukan warga karena pertemuan seperti ini belum pernah kami peroleh sebelumnya. Melalui pertemuan ini, kami akan menindaklanjuti seluruh arahan dan petunjuk yang diberikan agar seluruh warga kami lengkap seluruh dokumen adminduknya," ujar Andre Roy Hutapea yang penuh semangat.
Acara dilanjutkan dengan penjelasan pengisian formulir persyaratan kelengkapan dokumen kependudukan yang disampaikan pejabat fungsional Dinas Dukcapil dan sebelum meninggalkan kantor desa tersebut, Kadis bersama rombongan berfoto bersama dengan Kades dan jajarannya didepan Kantor Desa Sipoltong.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=299524692294634&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB