Desa Sinampang Dukung Dairi Unggul melalui Program Tuntas Adminduk

27 Apr 2022     436

Sinampang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si melanjutkan kunjungan kerjanya ke Desa-Desa se-Dairi dalam rangka kegiatan sosialisasi terkait Penuntasan Dokumen Administrasi Kependudukan. Kunjungan Desa ke 40 menyinggahi Desa Sinampang Kecamatan Siempat Nempu, Rabu (27/04).

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Sinampang Naek Saragi, Sekretaris Desa, Perangkat Desa dan 5 Kepala Dusun Desa Sinampang.

Dalam sambutan selamat datangnya, Kades Sinampang mengatakan bahwa Dokumen Kependudukan seperti KK, KTP, akta lahir dan dokumen yang lain merupakan dokumen yang sangat penting bagi seluruh warga sehingga kegiatan sosialisasi ini sangat penting dalam menambah pengetahuan jajarannya dalam membantu seluruh warga dalam pengurusan dokumen kependudukannya.
"Sama-sama kita ketahui, bahwa dokumen kependudukan ini sangat penting. Sebelumnya Dinas Dukcapil telah memberikan pelayanan jemput bola ke Desa kita ini, akan tetapi masih saja banyak dokumen kependudukan warga belum tuntas. Dikesempatan ini, diminta kepada seluruh perangkat desa dan kepala dusun untuk serius mengikuti kegiatan ini mulai dari awal sampai selesai agar upaya kita untuk menuntaskan dokumen seluruh warga benar-benar dapat diwujudkan," ujar Kades dengan penuh semangat sekaligus membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam paparannya menjelaskan bahwa salah satu program prioritas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Dairi Unggul adalah penuntasan seluruh dokumen kependudukan Warga Dairi. Adapun upaya yang dilakukan salah satunya adalah dengan berkolaborasi dengan seluruh Pemerintah Desa se – Dairi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh warga desa.
"Selama ini banyak permasalahan yang muncul dalam urusan dokumen kependudukan, seperti kurangnya keterbukaan dalam proses pelayanan, adanya diskriminasi pelayanan, berbelit-belit, standar pelayanan yang panjang sehingga menimbulkan biaya yang tinggi . Atas permasalahan itu, banyak dokumen kependudukan sulit diurus warga yang akhirnya menumpuk dan saat ini menjadi tanggung jawab kita bersama menyelesaikannya agar hak-hak konstitusional warga dapat kembali diterimanya," ungkap Kadis yang didampingi beberapa pejabat fungsionalnya.

Program yang akan kita laksanakan adalah pelayanan door to door atau pelayanan langsung kerumah-rumah warga. Seluruh perangkat dan kepala dusun akan turun langsung kerumah-rumah warga untuk melakukan pengecekan, pemeriksaan seluruh dokumen warga yang belum dimilikinya. Selanjutnya dikumpulkan berkas persyaratannya untuk diproses Dinas Dukcapil menjadi dokumen administrasi kependudukan.

Dia juga berharap agar melalui program ini, aplikasi perkebbas segera beroperasi di kantor desa ini untuk dapat melayani kebutuhan masyarakat akan dokumen kependudukan.
"Dengan aplikasi perkebbas, Desa dapat langsung mengajukan permohonan dokumen kependudukan tanpa harus mengantar berkas permohonan ke Dinas Dukcapil atau ke Kantor Camat Siempat Nempu. Hasilnya juga dapat langsung dicetak disini. Hanya beberapa dokumen seperti KTP-el, KIA, akta perkawinan masih dicetak di Dinas Dukcapil, akan tetapi dengan menunjukkan tiket permohonan, dokumen tersebut dapat langsung diambil. Begitu mudah dan cepatnya proses dokumen kependudukan," jelas Deddy.

Selesai paparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah itu, dilanjutkan penjelasan pengisian formulir permohonan dan diakhiri dengan foto bersama di depan Kantor Desa Sinambang.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=320568186856951&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB