Dinas Dukcapil Dairi Sukses Laksanakan Sosialisasi Tuntas Adminduk di Desa Bukit Tinggi dan Desa Mbinanga Pegagan Hilir

02 Apr 2022     524

Pegagan Hilir-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tuntas Dokumen Administrasi Kependudukan di Desa Bukit Tinggi dan Desa Mbinanga Kecamatan Pegagan Hilir yang dilaksanakan dua kantor desa tersebut, Jumat (02/04).

Hadir sebagai peserta sosialisasi adalah Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), seluruh perangkat desa dan kepala dusun dari Desa Bukit Tinggi dan Desa Mbinanga.
Kepala Dinas Dukcapil Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam paparannya yang berjudul “Wujudkan Dairi Unggul Melalui Penuntasan Dokumen Administrasi Kependudukan” mengatakan bahwa salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu adalah penuntasan dokumen kependudukan warga melalui peningkatan cakupan dokumen adminduknya.
"Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan sosialisasi ini adalah bagaimana Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Dukcapil berkolaborasi dengan Pemerintah Desa dalam menyelesaikan seluruh dokumen kependudukan seluruh warga dairi. Harapan dan cita-cita ini harus diwujudkan melalui gerakan pelayanan pendataan dan pengecekan ke rumah-rumah warga atau pelayanan adminduk door to door untuk selanjutnya mengumpulkan seluruh berkas untuk melengkapi dokumen kependudukan yang belum lengkap atau dimiliki warga," jelaskan kepada seluruh aparat desa.

Layanan Dinas Dukcapil Dairi terus ditingkatkan dengan penyediaan layanan urusan dokumen adminduk di seluruh kecamatan dan bekerja sama dengan seluruh desa untuk melayani seluruh warga desa akan kebutuhan dokumen kependudukan.
"Kami mengapresiasi Desa Bukit Tinggi dan Desa Mbinaga telah mempergunakan layanan perkebbas sebagai sarana untuk mengajukan permohonan warga yang membutuhkan dokumen kependudukan. Dokumen-dokumen seperti perubahan KK karena penambahan anggota keluarga, pembuatan KK baru karena membentuk keluarga baru, pembuatan akta lahir, akta kematian, pengurusan Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) sudah dapat diajukan dan langsung dicetak di Kantor Desa. Semua begitu praktis, cepat dan mudah karena jarak desa ini sangat jauh dari Kantor Camat maupun dari Dinas Dukcapil di Sidikalang,"terangnya.

Selain itu, pengantian KTP karena rusak maupun hilang, permohonan Kartu Identitas Anak (KIA), permohonan pembuatan akta perkawinan juga dapat dimohonkan melalui aplikasi perkebbas. Hanya pengambilan dokumen tersebut harus ke Dinas Dukcapil Dairi.
"Kami berharap kepada Kades dan seluruh Aparat Desa untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan ini karena banyak hal kemudahan yang telah dijelaskan untuk mewujudkan Dairi Unggul melalui penuntasan seluruh dokumen warga," harap Kadis Dukcapil dihadapan seluruh peserta di Dua Desa yang berbeda bertempat kegiatannya.

Sementara itu, Kades Bukit Tinggi Tonggo Banjarnahor diwakili Sekdesnya Jefri Banjarnahor mengaku senang dan gembira atas kehadiran Dinas Dukcapil memberikan sosialisasi ke Desanya yang diharapkan dapat membantu penyelesaian dokumen kependudukan warganya.
"Kegiatan seperti sangat kami tunggu karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan kami dalam membantu seluruh warga dalam melengkapi dokumen kependudukan. Selain itu, masih banyak warga kami yang masuk dalam kategori penduduk rentan yang belum memiliki KTP-el. Kami mengharapkan Dinas Dukcapil dapat memberikan pelayanan atas kebutuhan warga tersebut," ujar Sekdes Bukit Tinggi kepada Kadis Dukcapil.

Sedangkan Kades Mbinanga Wesly Lingga sangat mengapresiasi pelayanan dukcapil yang semakin baik dalam memberikan pelayanan urusan dokumen kependudukan.
"Kami sudah merasakan perubahan pelayanan dukcapil yang semakin hari semakin baik dalam melayani masyarakat. Hal ini terbukti melalui pelayanan Jemput Bola yang tahun lalu dilaksanakan didesa ini dan kami juga telah mempergunakan aplikasi perkebbas untuk menerbitkan dokumen warga. Inilah kemudahan-kemudahan yang kami rasakan dalam membantu warga. Tidak perlu lagi sulit hanya urusan pembuatan KK, akta lahir, akta kematian, SKPWNI, permohonan KTP dan lainnya, semua sudah dilayani dengan cepat dan tepat," kata Wesly Lingga Kades Mbinanga dengan bahagia.
Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan penjelasan pengisian formulir permohonan dokumen adminduk yang disampaikan pejabat fungsional dukcapil dan diakhiri dengan foto bersama didepan masing-masing Kantor Desa.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=304779701769133&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB