HKBP Sidikalang II Gunakan Aplikasi Perkebbas Layani Jemaatnya

31 Mar 2022     513

Sidikalang-Bertempat di ruang konsistori Gereja HKBP Sidikalang II, Tim Perkebbas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Martini Sitohang, SE memberikan pelatihan singkat penggunaan aplikasi perkebbas kepada Pdt. Netty Sirait, S.Th bersama St. Nelson Simanjorang, Jumat (01/04).

Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam keterangannya menjelaskan bahwa dalam peningkatan pelayanan urusan dokumen administrasi kependudukan, Dinas Dukcapil bersama instansi terkait dan juga rumah-rumah ibadah berkolaborasi untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat.
"Salah satu Program prioritas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu adalah menuntaskan seluruh dokumen kependudukan dengan memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Salah satu kegiatannya adalah menyerahkan akta perkawinan langsung kepada pengantin baru yang melangsungkan pernikahan di gereja. Kegiatan inilah salah satu wujud kolaborasi antara Pemerintah dengan Gereja," jelas Kadis Dukcapil Dairi di sela-sela kegiatannya sosialisasi tuntas adminduk di Desa Bukit Tinggi Kecamatan Pegagan Hilir.

Gereja nantinya tidak perlu lagi repot atau sulit untuk mengantarkan berkas permohonan, cukup mengajukan permohonan melalui aplikasi perkebbas. Aplikasi perkebbas adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis online yang dikembangkan untuk mempermudah, dan mempercepat pelayanan urusan dokumen kependudukan yang dapat dipergunakan secara individu maupun instansi.
"Sesuai kesepakatan, Gereja HKBP Sidikalang II akan belajar penggunaan aplikasi perkebbas yang nantinya dipergunakan sebagai sarana mengajukan permohonan pengurusan dokumen kependudukan sehingga seluruh jemaat tersebut dapat terlayani dengan baik," tutur Deddy.

Sementara itu dari ruang konsistori, Pdt. Netty Sirait, S.Th mengaku gembira atas kedatangan Dinas Dukcapil ke Gereja HKBP Sidikalang II untuk belajar dan berlatih mempergunakan aplikasi perkebbas untuk membantu warganya.
"Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang telah menyediakan layanan digital ini. Diharapkan setelah pelatihan ini, setiap berkas permohonan penertiban akta perkawinan dari gereja ini dapat diproses dan ditindaklanjuti serta nantinya pada waktu yang ditentukan dapat langsung diserahkan Dinas Dukcapil Dairi kepada pengantin baru," kata Netty Sirait dengan penuh semangat.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=304749835105453&id=100067113165768




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB