Hadirkan Layanan Dokumen Adminduk Didesanya, Kades Pegagan Julu IX Belajar Gunakan Aplikasi Perkebbas

06 Apr 2022     361

Sidikalang-Untuk lebih mendekatkan dan menghadirkan pelayanan urusan dokumen administrasi kependudukan di tengah – tengah Masyarakat Desa Pegagan Julu IX Kecamatan Sumbul, Kepala Desa Pegagan Julu IX Aladin Lingga yang diwakili Sekretaris Desa Pegagan Julu IX Olan Nainggolan belajar mempergunakan aplikasi perkebbas, Rabu (06/04).

Dalam keterangannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan bahwa aplikasi perkebbas adalah aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis online yang dibangun dan dikembangkan untuk mempermudah dan mempercepat layanan urusan dokumen kependudukan bagi seluruh Warga Dairi.
"Aplikasi Perkebbas telah dilaunching Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate pada 1 Oktober 2020 yang bertepatan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke – 73 sebagai salah satu upaya mewujudkan Dairi Unggul melalui penuntasan seluruh dokumen kependudukan seluruh warga,"ungkap Deddy.

Deddy berharap aplikasi ini dapat benar – benar dimanfaatkan seluruh Desa dan Kelurahan se – Dairi untuk membantu dan melayani warganya dalam urusan dokumen kependudukan seperti dalam penerbitan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian dan dokumen lainnya yang semuanya dapat dicetak di Desa atau Kelurahan. Sedangkan permohonan pengantian KTP karena rusak atau hilang, pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), Permohonan Akta Perkawinan dapat juga diajukan melalui perkebbas hanya pengambilan dokumen tersebut ke Dinas Dukcapil atau ke Kantor Camat terdekat.

Sementara itu, Kepala Desa Pegagan Julu IX Aladin Lingga yang diwakili oleh Sekretaris Desa Pegagan Julu IX Olan Nainggolan mengucapkan terimakasih atas pelatihan singkat yang diberikan Dinas Dukcapil Dairi untuk belajar mempergunakan aplikasi perkebbas yang diharapkan dapat membantu warga Pegagan Julu IX dalam memenuhi dokumen kependudukan.
"Sebagai tindak lanjut kegiatan sosialisasi tuntas adminduk yang sukses terlaksanakan di desa kami, salah satu program kami adalah belajar mempergunakan aplikasi perkebbas sebagai media mengajukan permohonan dokumen warga dari Kantor Desa.

"Melalui aplikasi ini, banyak kemudahan yang kami dapatkan seperti kami tidak perlu lagi datang ke Dinas Dukcapil untuk mengajukan dokumen kependudukan, cukup melalui aplikasi perkebbas," ujar Sekdes Pegagan Julu IX bersama Kaur Pemerintahan Alvin S Habeahan, Kadus I Lambok Leo Sitanggang, Kepala Dusun (Kadus) III Agustus Rajagukguk, dan Kadus IV Harriston Siburian.

Lebih lanjut, Sekdes juga mengatakan bahwa sepulang dari tempat ini, kami bisa langsung action, membuat dan mengajukan permohonan dokumen Adminduk warga melalui Perkebbas.

Dari ruang rapat Dinas Dukcapil, terlihat tim Perkebbas Martini Sitohang, SE memberikan pelatihan singkat kepada Perangkat Desa Pegagan Julu IX yang hadir cara mempergunakan yang dimulai dari proses pengentrian data, mengunggah berkas hingga dokumen diterbitkan dan siap untuk dicetak.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=307936914786745&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB