Tim Saber Pungli Provsu Monitoring Layanan Dinas Dukcapil Dairi

06 Apr 2022     452

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang SE, MSi yang diwakili Sekretaris Dinas Dukcapil Rayambong S. Sitohang, ST, MAP menerima kunjungan Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Sumatera Utara di ruang rapat Dinas Dukcapil, Rabu (06/04).

Tim UPP Provinsi Sumut yang hadir, Ketua Saber Pungli Kombes Pol. Drs. Armia Fahmi MH, Pokja Ahli UPP Provsu, Dr. Haslinda SSos M.I.Kom, Pokja intel UPP Provsu Esron Sianturi, Anggota UPP Provsu Estina N Mahulae dan Ponimin.

Dihadapan Tim Saber Pungli Provsu, Sekdis Dukcapil Dairi Rayambong menjelaskan Standar Operasional Pelayanan (SOP) pengurusan dokumen kependudukan yang dilaksanakan di Dinas Dukcapil Dairi baik pelayanan secara tatap muka, pelayanan online maupun pelayanan yang di Kecamatan, Desa/Kelurahan dan kerjasama pada instansi lainnya.
"Seluruh permohonan warga yang masuk atau diajukan dengan persyaratan lengkap, diupayakan selesai dengan cepat. Di luar adanya gangguan teknis, prosesnya hanya memakan waktu 1- 2 Jam saja, dokumen adminduk yang dimohonkan pasti akan diterbitkan," tutur Rayambong.

Dia juga menyebutkan bahwa Dinas Dukcapil Dairi sudah melakukan kerjasama dengan Kantor Pos dalam hal pengiriman dokumen apabila dokumen yang diurus tidak dijemput dalam waktu 3 hari. Kami akan mengirim ke alamat warga yang tertera di dalam Kartu keluarga (KK) tersebut. Jadi Warga tidak perlu bersusah payah datang ke kantor Dinas untuk menjemput dokumen yang sudah siap.

Selain itu, pelayanan Dukcapil juga sudah tersedia di 15 kecamatan, delapan kecamatan diantaranya sudah bisa langsung mencetak KTP-el setelah selesai rekam biometrik.
"Inilah salah satu wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah Kepemimpinan Bupati Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Dairi Unggul dengan memberikan pelayanan prima melalui menyediakan pelayanan urusan dokumen adminduk di seluruh kecamatan dan di desa/kelurahan agar pelayanan semakin dekat dan langsung dirasakan seluruh warga," imbuh Rayambong lagi.

Sementara itu, Pokja Ahli UPP Saber Pungli Provinsi Sumut Dr Haslinda SSos M.I.Kom menghimbau Dinas Dukcapil secepatnya melakukan pencanangan Zona integritas (ZI) agar tujuan Reformasi birokrasi yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, instansi yang bersih dan bebas dari KKN, serta peningkatan pelayanan publik dapat diwujudkan.

Setelah pertemuan di Aula Dinas Dukcapil Dairi, seluruh rombongan berkeliling melihat secara langsung proses pelayanan, fasilitas dan sarana prasarana yang tersedia serta sebelum meninggalkan lokasi tersebut foto bersama didepan kantor.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=307946391452464&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB