Bukti Dairi Unggul, KUA Sidikalang Serahkan Dokumen Adminduk kepada Sepasang Pengantin Baru

12 May 2022     325

Sidikalang-Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sidikalang, Abdul Yajid Lingga, S.Ag, MM sukses memandu acara prosesi akad nikah pasangan pengantin Syahrul Munte dan Yoshika Aprima bertempat di Jl.Sudirman Sidikalang, Kamis (12/05).

Setelah prosesi akad nikah tersebut, KUA Kecamatan Sidikalang menyerahkan Buku Nikah kepada kedua mempelai sekaligus menyerahkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el kedua pengantin. Selain dokumen kependudukan kedua pengantin, Kartu keluarga (KK) kedua orangtua pengantin juga diserahkan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil ) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi telah menjalin kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi dalam peningkatan pelayanan kepada seluruh warga yang melangsungkan pernikahan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) se – Kabupaten Dairi.

"Kerjasama ini kami telah ditandatangani pada akhir tahun 2021 dan langsung diwujudkan melalui penyerahan dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el kepada pengantin dan kedua orangtua yang melangsungkan pernikahan diseluruh wilayah Kabupaten Dairi," sebut Kadis Dukcapil.

Apabila ada warga yang akan melangsungkan pernikahan, Kantor Urusan Agama akan mengajukan permohonan kepada Dinas Dukcapil melalui layanan aplikasi perkebbas. Aplikasi perkebbas adalah singkatan layanan administrasi kependudukan berbasis online yang dikembangkan untuk mempermudah masyarakat atau instansi dalam mengajukan permohonan kepada Dinas Dukcapil Dairi.

"Kami memiliki aplikasi layanan dukcapil online yang dapat dipergunakan seluruh warga. Aplikasi ini juga dipergunakan KUA se-Dairi dalam mengajukan permohonan warga yang akan melangsungkan pernikahan. Ketika sudah disetujui, Dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dapat langsung di download dan dicetak langsung di Kantor KUA. Sedangkan KTP-el dapat diambil di kantor kecamatan terdekat atau ke Dinas Dukcapil Dairi. Semua begitu mudah dan cepat sesuai harapan perwujudan Dairi Unggul Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu," jelas Deddy Situmorang.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02K9r26kjX5Lms21mh288QcxypthL3sMgPhz6zGUiMg9C8ZyNoE...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB