Dinas Dukcapil Dairi Serahkan Akta Perkawinan di HKBP Perkembangan Sidikalang

18 May 2022     354

Sidikalang-Sepasang Pengantin Baru, Deddy Arwan Sihite dengan Nopa Martogia Simaibang menerima Akta Perkawinan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, setelah menerima pemberkatan kudus dari Pdt. Nikson Siburian, M.Th, yang melangsungkan pernikahan di Gereja HKBP Perkembangan, Kecamatan Sidikalang, Rabu (18/05).

Dalam keterangannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dari ruang kerjanya menjelaskan program penyerahan akta perkawinan akan terus dilaksanakan diseluruh rumah-rumah ibadah sebagai bagian untuk membahagiakan seluruh warga dalam mewujudkan Dairi Unggul.
"Program Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam membahagiakan dan mendekatkan pelayanan seluruh warga melalui penyerahan akta perkawinan dirumah-rumah ibadah, secara konsisten dan berkelanjutan akan dilaksanakan. Diharapkan seluruh warga dapat memanfaatkan program pelayanan jemput bola ini dengan meminta informasi dan mengajukan permohonan ke Dinas Dukcapil," ungkap Kadis.

Selain akta perkawinan, dokumen kependudukan lainnya yang diserahkan seperti Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el Pengantin dan Kartu Keluarga (KK) orangtua pengantin laki-laki.

Dia juga mengatakan bahwa Dinas Dukcapil terus melakukan pembedahan dan peningkatan pelayanan melalui pelayanan-pelayanan jemput bola lainnya seperti pelaksanakan rekam dan cetak KTP-el bagi pemula khususnya bagi pelajar yang telah berumur 17 tahun keatas di sekolah-sekolah.
"Selain ke sekolah-sekolah, kami juga melakukan rekam KTP-el ke penduduk yang masuk dalam kategori rentan adminduk seperti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas, lansia, wanita penghibur dan sebagainya. Ini terus kami lakukan sebagai upaya untuk menuntaskan program kepemilikan identitas warga dan meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan," katanya.

Dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024, target Dinas Dukcapil Dairi adalah menuntaskan seluruh kepemilikan dokumen kependudukan Warga Dairi. Oleh karena itu, kami terus melakukan terobosan dan inovasi untuk dapat mencapai target tersebut, salah satunya memastikan seluruh Desa dan Kelurahan dapat melayani warganya untuk urusan dokumen kependudukan.

"Apabila seluruh Kantor Desa dan Kelurahan dapat melayani warganya dalam urusan penerbitan dokumen kependudukan, warga akan semakin terbantu dan pelayanan semakin dekat ditengah-tengah masyarakat. Marikan seluruh desa dan kelurahan mempergunakan aplikasi perkebbas sebagai sarana dan media untuk mengajukan dan menerbitkan dokumen kependudukan masing-masing warganya," kata Deddy.

Terlihat Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si diwakili Pejabat Fungsionalnya Nurdingse Simbolon menyerahkan akta perkawinan kepada kedua mempelai dihadapan kedua orang tua dan undangan yang hadir.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=335438072036629&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB