Penduduk Rentan Desa Sumbul Tengah Terima Layanan Rekam KTP-el

24 May 2022     268

Sumbul Tengah-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan pelayanan Jemput Bola (Jempol) berupa kegiatan rekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) kepada penduduk Warga Desa Sumbul Tengah Kecamatan Tiga Lingga yang masuk dalam kategori rentan Administrasi Kependudukan (Adminduk) langsung kerumah-rumah warga tersebut, Selasa (24/05).

Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam keterangannya mengatakan bahwa saat ini target Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang telah ditetapkan dalam Dokumen RPJMD Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024 adalah menuntaskan kepemilikan dokumen kependudukan seluruh warga melalui berbagai program, salah satunya adalah pelayanan jemput bola terkhusus kepada Penduduk yang masuk dalam kategori rentan adminduk.

"Hari ini kami mengunjungi Desa Sumbul Tengah untuk memberikan pelayaan rekam KTP-el kepada penduduk rentan adminduk. Warga yang masuk dalam kategori ini adalah seperti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas, lanjut usia atau lansia dan lainnya," ujar Kadis langsung turun ke Kantor Desa Sumbul Tengah.

Kadis juga mengatakan bahwa pelayanan ini dilakukan atas permintaan dari Desa Sumbul Tengah untuk melakukan rekam KTP-el kepada warganya yang belum memiliki KTP karena warga tersebut memiliki kebutuhan khusus sehingga layanan rekam KTP harus dirumah warga tersebut.

"Warga Desa Sumbul Tengah yang berhasil kami rekam adalah sebanyak 7 orang dengan rincian, 6 orang ODGJ dan 1 orang penyandang disabilitas. Diharapkan KTP warga tersebut akan segera dicetakkan dan langsung kami serahkan kepada pihak Pemerintah Desa untuk selanjutnya diserahkan kepada warga tersebut," tutur Deddy.

Sementara itu, Kepala Desa Sumbul Tengah Sahma Damasi Pasaribu mengapresiasi pelayanan yang diberikan Dinas Dukcapil dalam melengkapi identitas diri warganya yang memiliki kebutuhan khusus.

"Kami sangat mengapresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang memberikan pelayanan cepat kepada warga kami yang belum memiliki KTP, khususnya kepada warga kami yang masuk dalam kategori penduduk rentan adminduk. Semoga melalui kepemilikan KTP ini, warga tersebut bisa memperoleh perhatian pemerintah untuk mendapat layanan kesehatan dan bantuan sosial," ujar Sahman Damasi Pasaribu yang ikut mendampingi petugas dukcapil dalam kegiatan tersebut.

Terlihat Petugas Dukcapil Dairi yang memberikan layanan jemput bola kepada warga rentan adminduk yakni Plt. Kabid PIAK Indra Simanjutak, S.Kom, Suriaman Kaloko dan Steve Morleon Tambunan.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0U3KTqod2FYYZD8vB79EU1HqCf1Md2g9vVHSzZxrPrGqVD53Vmb...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB