Program Tuntas Adminduk Dairi Bergulir ke Desa Sumbul Tengah dan Desa Palding Jaya Sumbul

24 May 2022     376

Dairi-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi sukses melaksanakan kegiatan sosialisasi program tuntas administrasi Kependudukan (adminduk) di Desa Sumbul Tengah dan Desa Palding Jaya Sumbul Kecamatan Tiga Lingga, bertempat di masing-masing Kantor Desa tersebut, Selasa (24/05).

Hadir sebagai narasumber utama dalam kegiatan sosialisasi tersebut Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si bersama Pejabat Fungsionalnya. Peserta yang hadir antara lain Kades Sumbul Tengah Sahma Damasi Pasaribu bersama Sekdes, Kaur, Kasi dan para Kepala Dusunnya. Sedangkan dari Desa Palding Jaya Sumbul, Kades Palding Jaya Sumbul Sensus Ginting bersama seluruh Perangkat Desanya.

Dalam paparannya, Kadis Dukcapil menjelaskan bahwa untuk mewujudkan Dairi Unggul dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, salah satu upayanya adalah menuntaskan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan bagi seluruh Warga Dairi. Visi Bupati ini merupakan tugas dan tanggung jawab Dinas Dukcapil yang secara bertahap harus dapat diwujudkan.

"Dokumen kependudukan merupakan dokumen yang sangat penting. Saat ini, seluruh urusan berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Selain itu, syarat-syarat untuk melakukan keperluan seperti membuka tabungan, mendaftarkan BPJS, mendapatkan BLT, terdaftar dalam DTKS, mendaftarkan anak-anak kesekolah dan lainnya, dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), akta lahir, akta perkawinan merupakan syarat mutlak harus dimiliki seluruh Warga Negara Indonesia,"ujar Kadis Dukcapil diharapan Kades dan para perangkat desa.

Untuk dapat mewujudkan penuntasan dokumen kependudukan warga, perlu dilakukan sosialisasi kepada seluruh Kades, Sekdes dengan seluruh jajarannya untuk dapat memahami terkait jenis-jenis dokumen kependudukan, persyaratan yang dibutuhkan, pengisian formulir dan penggunaan aplikasi perkebbas sebagai sarana untuk mengajukan permohonan dari desa.

"Kami menyadari selama ini banyak kendala dan permasalahan yang dihadapai warga dalam mengurus dokumen kependudukan seperti kurang keterbukaan dalam proses pelayanan, adanya diskriminasi, ketidaktepatan waktu pelayanan sehingga timbul biaya yang tinggi dalam pengurusannya. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan permasalahan itu, perlu kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Dukcapil dengan Pemerintah Desa untuk menghadirkan pelayanan ditengah-tengah masyarakat," kata Deddy.

Lebih lanjut Deddy juga mengatakan bahwa untuk dapat mewujudkan target tersebut, program yang akan dijalankan di Desa adalah program Door to Door. Seluruh Perangkat Desa harus turun kerumah-rumah warga untuk mengecek, mendata dan mengidentifikasi seluruh dokumen kependudukan warga yang belum lengkap serta sekaligus mengumpulkan seluruh berkas yang akan dimohonkan.

"Sudah dijelaskan diawal paparannya terkait jenis-jenis dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan, selanjutnya seluruh perangkat desa menemui warga dirumahnya masing-masing, menanyakan langsung dokumen yang belum lengkap atau dimiliki sehingga selanjutnya dilakukan pemberkasan agar dokumen kependudukan warga seluruh terpenuhi," ungkapnya.

Kades Sumbul Tengah Sahma Damasi Pasaribu dalam sambutan selamat datangnya mengaku gembira dan bangga atas kehadiran Dinas Dukcapil memberikan edukasi dalam pengurusan dan penyelesaian seluruh dokumen warganya.

"Secara umum, masih banyak warga kami yang belum lengkap dokumennya. Permasalahan ini selalu kami hadapi sehingga melalui pertemuan ini, akan diperoleh solusi dan jalan keluar untuk membahagiakan seluruh warga sehingga perwujudan Dairi Unggul dapat dirasakan warga kami," terang kades Sumbul Tengah.

Sementara itu, Kades Palding Jaya Sumbul Sensus Ginting dalam sambutan juga mengapresiasi kehadiran Pemerintah Kabupaten Dairi dalam memberikan pemahaman terkait dokumen administrasi kependudukan kepada seluruh jajarannya sehingga melalui pertemuan hari ini menjadi bekal dalam melaksanakan pelayanan door to door.

"Kami siap mendukung wujudkan Dairi Unggul melalui pelayanan jemput bola kerumah-rumah warga sehingga kesulitan warga yang selama ini dapat segera teratasi dengan cepat dan tuntas," sebut Sensus Ginting didampingi Sekdesnya Adreas Ginting.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02QhMtWeK82yrK9BAGK2xsgFyYBqS41h18ix5XCBY5R1G98qJJz...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB