Penduduk Rentan Adminduk di Desa Sigambirgambir Sinehu menerima layanan Jempol Dukcapil Dairi

14 Jun 2022     22

Sigambirgambir - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melakukan pelayanan Jemput Bola (Jempol) terhadap Warga Desa Sigambir-gambir yang masuk dalam kategori rentan Administrasi Kependudukan (adminduk), Selasa (14/06).

Kadis Dukcapil Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan bahwa berdasarkan permintaan Kepala Desa Sigambir-gambir, ada warga penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) belum memiliki identitas diri berupa KTP.

"Kami terus berkolaborasi dengan pemerintah desa dalam penuntasan dokumen kependudukan warga khususnya bagi warga yang belum memiliki KTP-el terutama bagi warga rentan adminduk dan warga yang telah berusia 17 tahun keatas", ungkap Kadis Dukcapil Dairi.

Dinas Dukcapil terus mengejar capaian kepemilikan dokumen adminduk seluruh warga melalui pelayanan jemput bola kedesa-desa bahkan kerumah-rumah warga. Selain itu, pelayanan urusan dokumen adminduk juga sudah dapat dilakukan di Desa-Desa. Inilah inovasi yang visioner dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Dairi Unggul.

"Hari ini kami berhasil merekam 18 warga dengan rincian yakni 2 penyandang disabilitas, 1 ODGJ dan 15 warga yang telah berusia 17 tahun. Kami berharap melalui layanan, seluruh warga Sigambir-gambir memiliki KTP-el. Dokumen ini sangat penting dan vital dalam segala urusan karena saat ini NIK menjadi dasar dari segala pelayanan", tutur Deddy Situmorang.

Sementara itu, Kades Sigambir-gambir Lesni Purba bersama beberapa perangkat desanya mengaku sangat gembira atas kedatangan Dinas Dukcapil ke Desa memberikan pelayanan rekam KTP-el.

"Masih ada beberapa desa kami belum memiliki KTP-el termasuk warga yang berkebutuhan khusus dan warga yg telah berusia 17 tahun keatas. Pelayanan yang langsung kerumah warga yang berkebutuhan khusus ini sangat kami apresiasi karena inilah wujud pelayanan prima yang sangat dibutuhkan masyarakat karena warga tersebut tidak dapat datang ke Dinas Dukcapil karena kondisi kesehatannya", ujar Lesni Purba dengan senyum bahagia.

Terlihat dilapangan Tim Jempol Dinas Dukcapil Dairi Suriaman Kaloko bersama Morleon Steven Tambunan merekam dan mengunjungi warga yang berkebutuhan khusus langsung kerumah warga tersebut.
#DairiUnggul
#DairiGerakCepat
#DukcapilUnggul
#DisdukcapilDairi
#DisdukcapilGoDigital
#Perkebbas
#Gisa





PEMIMPIN DAERAH



AGENDA
08-06-2022 : Dinas Dukcapil Dairi akan laksanakan program jemput bola di Desa Sukadame, kecamatan Tanah Pinem


Call Center



PERSYARATAN ADMINDUK


Pegawai Terbaik



Index Kepuasan Masyarakat


Survey Kepuasan Masyarakat





Sp4n Lapor