Wujud Kolaborasi Dinas Dukcapil Dairi dengan Desa, Kades Parbuluan II Serahkan Dokumen Adminduk Warganya

25 Aug 2022     309

Parbuluan II-Kolaborasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi dengan Pemerintahan Desa diwujudkan melalui penyerahan dokumen kependudukan berupa akta kematian kepada warga yang berduka yang berdomisili di Dusun I Desa Parbuluan II Kecamatan Parbuluan, Rabu (14/08).

Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam keterangannya mengatakan program tuntas adminduk yang dicanangkan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kepada seluruh Warga Dairi terus berlanjut melalui kolaborasi dengan seluruh Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kelurahan se-Dairi.

"Program Tuntas Adminduk Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu ini sudah ditetapkan dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024, sehingga Dinas Dukcapil sebagai instansi yang bertanggungjawab dalam urusan dokumen adminduk harus terus berinovasi dalam mewujudkannya," ujar Kadis dari ruang kerjanya di Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Kecamatan Sidikalang.

Wujud kerjasama Dinas Dukcapil Dairi dengan Pemerintahan Desa melalui penggunaan aplikasi perkebbas. Perkebbas adalah sebuah aplikasi layanan adminduk yang telah digunakan seluruh Desa/Kelurahan se-Dairi sebagai sarana atau media untuk mengajukan permohonan adminduk.

Dokumen adminduk yang dibutuhkan warga, seperti akta lahir, akta kematian, pencetakan Kartu Keluarga (KK) dan sebagainya sudah dapat dilakukan di kantor Desa. Warga tidak perlu repot datang ke Dinas Dukcapil atau ke kantor camat terdekat. Desa mengajukan permohonan melalui aplikasi. Seluruh persyaratan telah dilengkapi dan apabula disetujui, Desa dapat langsung mengunduh dan mencetak dokumen adminduk tersebut untuk selanjutnya diserahkan kepada warga.

Sementara itu, Kades Parbuluan II Marihot Sitohang mengapresiasi layanan urusan dokumen adminduk yang diberikan Dinas Dukcapil dengan cepat dan mudah.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam memberikan pelayanan prima khususnya urusan dokumen adminduk. Begitu mudah, cepat dan praktis seluruh layanan yang diberikan. Hal ini terbukti, dimana kami telah menyerahkan Akta Kematian secara langsung kepada keluarga Almarhum Alimot Sinaga yang berdomisili di Dusun I," ungkap Kades Parbuluan.

Dia juga menambahkan bahwa program perkebbas ini sangat bermanfaat bagi seluruh warganya dalam mempercepat dan mempermudah pengurusan dokumen adminduk.

"Selama ini pelayanan urusan dokumen adminduk ini sangat sulit dan ribet sehingga masyarakat malas untuk mengurusnya. Diharapkan melalui kolaborasi dan kemudahkan layanan ini, mendorong masyarakat semakin sadar akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan," kata Marihot Sitohang dengan senyum.

Berita ini juga dapat dibaca di: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0Ae3qJphZXdbhtCY1qnXrACChZ4X3ch5E4HU6vzT7SfeBEKeka9...??





PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB