Bupati Dairi Apresiasi Pelayanan Dukcapil Dairi

15 Sep 2022     109

Sidikalang-Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi dalam rangkaian rapat kerja capaian program dan kegiatan Dinas Dukcapil Dairi pada semester pertama Tahun 2022, Rabu (14/09).

Dalam arahannya, Bupati mengapresiasi kinerja Dinas Dukcapil yang selalu terdepan, melakukan langkah nyata dalam memberikan layanan urusan dokumen administrasi kependudukan langsung ditengah-tengah masyarakat.
"Dinas Dukcapil sangat responsif dalam melayani masyarakat, terbukti pelayanan-pelayanan yang dilakukan sudah sangat dirasakan dan dinikmati seluruh warga. Seluruh program dan kegiatan tersebut harus terus ditingkatkan dan dilanjutkan agar perwujudan Dairi Unggul benar-benar nyata," kata Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dihadapan seluruh pejabat dan staf Dinas Dukcapil diruang pertemuan Dinas Dukcapil Dairi Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang.

Bupati Dairi juga berharap kepada seluruh pejabat dan staf untuk terus berinovasi dan bekerja sekuat tenaga dalam mencapai target yang ditetapkan yaitu penuntasan dokumen seratus persen bagi seluruh warga terutama beberapa capaian kepemilikan dokumen adminduk yang masih rendah.

Sementara itu, dalam laporannya Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan bahwa tugas dan fungsi Dinas Dukcapil adalah melaksanakan urusan pemerintahan non pelayanan dasar bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, khususnya pelayanan pendaftaran penduduk, pelayanan pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan dan pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.
"Capaian cakupan kepemilikan dokumen adminduk per 30 Agustus 2022, Kartu Keluarga (KK) telah mencapai 100 persen, perekaman KTP-el sebesar 98,10 persen, kepemilikan KTP-el sebesar 98,65 persen, kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) sebesar 44 persen, akta kelahiran 0-17 tahun sebesar 99,9 persen, akta kelahiran diatas 17 tahun sebesar 52,9 persen dan capaian kepemilikan akta perkawinan sebesar 31,1 persen," ungkap Kadis Dukcapil dihadapan Bupati Dairi.

Dinas Dukcapil Dairi terus berupaya melakukan berbagai rencana aksi untuk wujudkan tuntas dokumen adminduk seratus persen seperti program pelayanan jemput bola rekam KTP-el bagi pemula di seluruh SMA/SMK sederajat se-Dairi, program jempol ke Desa-Desa, program rekam KTP bagi penduduk rentan adminduk.
"Selain itu, program penyerahan akta perkawinan langsung kegereja-gereja secara konsisten dilakukan. Penerbitan akta kelahiran dan KIA pasca bersalin di RSUD Sidikalang dan 18 Puskesmas se-Dairi juga berjalan dengan lancar. Kami juga telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama khususnya 15 Kantor Urusan Agama (KUA), Pengadilan Negeri Sidikalang dan Pengadilan Agama kolaborasi dalam memberikan pelayanan prima khususnya dokumen kependudukan," tutur Deddy Situmorang dengan lugas.

Setelah pertemuan, Bupati Dairi dipandu Kadis Dukcapil Dairi meninjau proses pelayanan yang dilakukan mulai dari ruangan Sekretariat Dinas, Bidang dafduk, Bidang Capil, Bidang PIAK dan ruang layanan di front office dan diakhiri dengan foto bersama di depan kantor.

Terlihat Kepala Bappeda Charles Bancin ikut mendampingi Bupati Dairi. Sedangkan Pejabat Dinas Dukcapil yang hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, Kabid Dafduk Amudi Naiborhu, S.Sos, Kabid Capil Hendra Imran Purba, SH, Plt. Kabid PIAK Indra Simanjuntak, S.Kom dan para pejabat fungsional serta seluruh staf Dinas Dukcapil.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0DYuCjy548xikkFjhQFEeMCUw83qAADEumyrw7YzvpsdjbEfmHK...?






PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



PROFIL


PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK



Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!