Kadis Dukcapil Dairi Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja

21 Sep 2022     311

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si pimpin rapat evaluasi kinerja capaian cakupan kepemilikan dokumen administrasi sampai kondisi akhir Triwulan Ketiga Tahun 2022, ruang rapat Dinas Dukcapil Dairi, Rabu (21/09).

Peserta yang hadir dalam rapat tersebut, seluruh pejabat eselon III, Sekretaris Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, Kabid Dafduk Amudi Naiborhu, S.Sos, Kabid Capil Hendra Imran Purba, SH, Kabid PDIP Hetty N. Pardede, SH, Plt. Kabid PIAK Indra Simanjuntak, S.Kom, seluruh pejabat fungsional, Staf Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) dari 15 Kecamatan, dan seluruh Petugas Front Office (FO) dan Back Office (BO).

Dalam arahannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan bahwa pertemuan yang dilakukan hari ini merupakan bagian tindaklanjut atas pertemuan rapat kerja Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dengan seluruh pejabat dan jajaran Dinas Dukcapil Dairi dalam mencapai target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dairi Tahun 2019-2022.

"Berdasarkan Dokumen RPJMD, target Dinas Dukcapil adalah menuntaskan cakupan kepemilikan dokumen adminduk Masyarakat Dairi. Dalam mencapai target ini, harus ada upaya, strategi serta langkah-langkah yang cepat mengingat waktu kita kerja kita sampai akhir tahun hanya tinggal tiga bulan atau tinggal 60 hari kerja. Masih ada beberapa dokumen adminduk yang belum mencapai target seperti perekaman KTP-el, kepemilikan akta lahir diatas 17 tahun, akta perkawinan dan Kartu Identitas Anak (KIA)," sebut Kadis dihadapan jajarannya yang hadir sebanyak 71 orang.

Ada sekitar 3.889 orang yang berusia 17 tahun keatas perlu dilakukan rekam KTP-el, 57.103 anak perlu mendapatkan KIA, 149.742 orang diatas 17 tahun belum memiliki akta lahir dan 86.586 orang yang belum memiliki akta kawin.

"Kita harus melakukan terobosan untuk dapat meningkatkan capaian dokumen adminduk tersebut, seperti memberikan pelayanan all in one yakni ketika masyarakat mengajukan permohonan pengurusan dokumen adminduk, petugas harus memeriksa dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dokumen yang belum lengkap seperti kepemilikan akta lahir suami-isteri, akta kawin/buku nikah, akta lahir anak dan KIA," ungkapnya lagi.

Dia juga menambahkan, untuk pencapaian kepemilikan KTP-el, program jemput bola rekam KTP-el dan rekam KIA di SMA/SMK sederajat harus terus dilakukan. Selain itu, pelayanan rekam KTP-el terhadap warga rentan adminduk dirumah warga tersebut untuk menjadi perhatian serius petugas Dinas Dukcapil dan TPDK.

Program pelayanan jemput bola adminduk dan tuntas adminduk ke Desa-Desa menjadi program kolaborasi dengan Pemerintah Desa, dimana Kades, Sekdes dengan seluruh jajarannya untuk melakukan pelayanan door to door, langsung terjun memeriksa dokumen warga yang belum lengkap.

"Melalui program tuntas adminduk di 48 Desa, Dinas Dukcapil telah berhasil diterbitkan 5.726 dokumen adminduk. Selain itu, program penyerahan akta perkawinan ke gereja-gereja, kolaborasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi khususnya Kantor Urusan Agama (KUA), progam cetak Akta Lahir dan KIA di RSUD Sidikalang dan 18 Puskesmas pasca bersalin, kerjasama dengan Pengadilan Negeri Sidikalang dan Pengadilan Agama Sidikalang dan program tuntas KIA diseluruh sekolah PAUD, TK, SD, SMP dan SMA,"tutur Deddy Situmorang.

Deddy berpesan kepada seluruh jajarannya untuk bekerja serius mencapai target untuk dukungan mewujudkan Dairi Unggul dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Setelah arahan, acara dilanjutkan ramah tamah dan diskusi atas penjabaran strategi dan langkah-langkah dalam mencapai target yang ditetapkan dengan seluruh pejabat dan staf Dinas Dukcapil Dairi dengan penuh rasa kekeluargaan dan diakhiri dengan makan siang bersama.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0GwGYHqEkJCjs932vAihYXuQob2zrc1bmwyc4xyQiNQrDxk51My...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA
25-03-2024 : KUNJUNGAN KERJA BUPATI DAIRI DI KECAMATAN PARBULUAN
26-03-2024 : KUNJUNGAN KERJA BUPATI DAIRI DI KECAMATAN SILIMA PUNGGA-PUNGGA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB