Kadis Dukcapil Dairi Terima Kunjungan Kakandatel PT. Telkom Kabanjahe

02 Sep 2022     634

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menerima kunjungan kerja (kunker) Kepala Kantor Daerah Telekomunikasi (Kakandatel) PT. Telkom Indonesia Kabanjahe Evy Emma Siahaan di Ruang Rapat Dinas Dukcapil Dairi, Selasa (19/08).

Hadir dalam pertemuan Sekdis Rayambong S. Sitohang, S.T, M.AP dan rombongan PT. Telkom wilayah Kabanjahe dan Pematang Siantar Leonardo Silalahi, Dicky Christian Tamba, Sarah Putri Febriyanti Purba dan Iwan.

Dalam pertemuan tersebut, Kakandatel PT. Telkom Kabanjahe Evy Emma Siahaan menjelaskan maksud tujuan kedatangannya adalah untuk menjalin silahturahmi dan mengajukan permohonan kerjasama dengan Dinas Dukcapil Dairi untuk dapat mendukung peningkatan kualitas layanan dan kinerja Dinas Dukcapil seperti penyediaan jaringan internet, VPN IP, aplikasi maupun pembuatan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).
"Sebagai pejabat baru yang memiliki wilayah kerja di Kabupaten Karo, Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Dairi, kami harus mengenal seluruh wilayah kerja. Kegiatan kunjungan ini telah kami selesaikan selama 1 minggu dan kunjungi terakhir pada hari ini di Kabupaten Dairi," ungkap Kakandatel PT. Telkom Kabanjahe.

Kami sangat mengapresiasi pelayanan yang disediakan Dinas ini karena telah menerapkan dan memanfaatkan teknologi informasi dalam pelayanannya.
Pemanfaatan teknologi informasi di Dinas Dukcapil Dairi mulai dirasakan sejak kita masuk ruang layanan. Setiap warga yang masuk, petugas akan mengarahkan dan membantu warga untuk mengisi buku tamu secara elektronik yang dilengkapi dengan swafoto. Warga yang telah teregister akan dipanggil secara elektronik melalui pengeras suara sesuai urusannya.

Lebih lanjut, Evy Emma Siahaan mengatakan bahwa setelah menerima penjelasan dari Kadis Dukcapil Dairi, pelayanan urusan dokumen adminduk di Kabupaten Dairi telah dilaksanakan secara online melalui aplikasi perkebbas yang dipergunakan di seluruh Desa dan Kelurahan se-Dairi.
"Salut dan kami acungkan jempol atas inovasi ini, dimana Dinas Dukcapil telah membuat terobosan yang dapat membantu dan mempermudah warga mengurus dokumennya, seperti dokumen adminduk dapat dicetak di Kantor Desa atau Kelurahan. Inilah yang disebut inovasi untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan ditengah-tengah masyarakat. Tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Dinas ini, warga sudah mendapat pelayanan di Desa atau Kelurahan," sebut Evy Emma Siahaan yang pernah menjabat Sekretaris Kakandatel PT. Telkom Kabanjahe pada tahun 1995.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kedatangan Kakandatel PT. Telkom Kabanjahe bersama rombongan singgah ke Dinas Dukcapil untuk menjalin kerjasama antara Dinas Dukcapil Dairi dengan PT. Telkom.
"Semenjak dilantik, Dinas Dukcapil berlari kencang, melakukan perubahan besar-besaran, bertransformasi disemua lini dengan tujuan untuk membahagiakan seluruh warga sesuai dengan visi misi Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu wujudkan Dairi Unggul melalui kemudahan, kecepatan, mendekatkan pelayanan ditengah-tengah masyarakat. Seluruh masalah dicari solusinya, warga yang tidak memiliki dokumen adminduk untuk dibuatkan dan memberikan pelayanan jemput bola kepada warga-warga yang membutuhkan seperti penyandang disabilitas, ODGJ, lansia, narapidana dan sebagainya," tutur Kadis dalam paparannya dihadapan para tamunya.

Dia juga menambahkan bahwa aplikasi perkebbas sudah sangat powerfull dan masif dipergunakan dalam urusan dokumen adminduk secara daring diberbagai instansi terkait seperti Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan Kelurahan, Rumah Sakit Sidikalang dan 18 Puskesmas se-Dairi. Selain itu, kerjasama dengan Kementerian Agama khususnya Kantor Urusan Agama (KUA) dalam memberikan dokumen adminduk ketika warga melangsungkan pernikahan di KUA. Pengadilan Negeri Sidikalang dan Pengadilan Agama Sidikalang juga telah mempergunakan aplikasi ini, apabila ada warga mengajukan gugatan cerai. Kedua instansi tersebut dapat langsung mengeluarkan dokumen adminduk sesuai dengan putusan pengadilan.
"Inilah wujud perubahan pelayanan yang selalu disampaikan Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu kepada seluruh masyarakat, pemerintah harus hadir melayani warganya. Ini adalah berkomitmen kami bersama untuk memberikan pelayanan prima dan berkualitas yang diharapkan tidak ada lagi ditemukan kesemberautan dalam pengurusan, ketidakjelasan penyelesaian dokumen, berbelit-belit dan lainnya. Seluruh layanan yang diberikan harus ada kepastian waktu, kesamaan hak, keterbukaan, kecepatan dan kemudahan," ujar Deddy dengan penuh semangat.

Selesai pertemuan, Kadis Dukcapil Dairi bersama Kakandatel PT. Telkom Kabanjahe bersama rombongan berkeliling melihat ruang pelayanan dan ruang-ruang tempat memproses seluruh dokumen warga dan diakhiri berfoto bersama.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0ZKP52aQNta9E8apiweCjd2vYg9JkiKNbyFPEP6knBrVHEAyzet...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB