Kadis Dukcapil Pimpin Rapat Evaluasi Persiapan Penilaian Ombudsman

02 Sep 2022     392

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si pimpin rapat evaluasi persiapan penilaian pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia di ruang kerja Kepala Dinas Dukcapil Dairi, Rabu (31/08).

Hadir dalam rapat tersebut Sekdis Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, Plt. Kabid PIAK Indra Simanjuntak, S.Kom dan seluruh staf front office baik penerima dan penyerahan dokumen serta pengelola pengaduan offline dan online.

Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam arahannya mengatakan agar seluruh pejabat dan staf yang telah ditetapkan untuk mempersiapkan diri memahami lima indikator dimensi kompetensi penyelenggara.
"Diminta kepada kita semua untuk dapat menguasai dan serta menghafal lima indikator sebagai kompetensi penyelenggara yang merupakan salah satu kredit point dalam penilaian yang akan dilakukan ombudsman yang akan datang ke Dinas kita ini," ujar Kadis kepada seluruh peserta rapat yang hadir.

Kompetensi penyelenggara yang perlu diingat dan dikuasai antara lain pengetahuan terkait komponen standar pelayanan, tugas dan wewenang jabatan, pengetahuan tentang lembaga ombudsman, bentuk-bentuk maladministrasi dan pemahaman terkait layanan ramah kelompok marginal atau rentan.

Penilaian yang akan dilakukan ombudsman dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik mulai dari kompetensi penyelenggara layanan, pemenuhan standar pelayanan, sarana dan prasarana dan pengelolaan pengaduan.
"Tahun ini penilaian yang dilaksanakan ombudsman berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Tahun ini penilaian melibatkan kompetensi penyelenggara layanan untuk memastikan seluruh petugas yang terlibat memahami sesungguhnya pelayanan publik sesuai dengan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik," seru Deddy.

Hasil penilaian ombudsman bukan lagi kepatuhan dengan hasil zona dan predikat akan tetapi hasilnya berupa opini penyelenggaraan pelayanan publik.
Diakhir rapat, Deddy berharap kepada seluruh pejabat dan staf yang hadir, dalam minggu ini sudah dapat dilakukan ujicoba terkait kemampuan kompetensi pejabat dan staf dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selesai pertemuan, Kadis Dukcapil Dairi bersama Kakandatel PT. Telkom Kabanjahe bersama rombongan berkeliling melihat ruang pelayanan dan ruang-ruang tempat memproses seluruh dokumen warga dan diakhiri berfoto bersama.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02wWy4poq4wBqgjdZoQqcMSzCM9tguCZimgrMcH1ocvnxmfQNjN...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB