Kemenpanrb Evaluasi Kinerja Dinas Dukcapil Dairi

08 Sep 2022     67

Sidikalang-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpanrb) mengevaluasi pelayanan publik yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi secara desk evaluasi atau secara virtual melalui zoom meeting, Selasa (6/9).

Demikian disampaikan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dari ruang kerjanya selesai evaluasi yang dilakukan Kemenpanrb atas pelayanan diberikan selama satu tahun ini.
"Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2022 yang dilakukan Kemenpanrb merupakan kegiatan tahunan untuk menilai dan mengevaluasi kinerja pelayanan publik di seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia," ujar Kadis.

Dia juga mengatakan bahwa pemantauan dan evaluasi kinerja ini dilakukan pada dua instansi Pemerintah Kabupaten Dairi yakni Dinas Dukcapil dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpatu Satu Pintu secara virtual dimana rangkaian penilaian diawali dengan memaparkan seluruh dokumen pendukung yang diupload melalui aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dan selanjutnya touring melalui handphone untuk melihat secara langsung sarana prasarana yang tersedia di ruang layanan.

Selama dua hari berturut-turut, Dinas Dukcapil dievaluasi Ombudsman dan Kementerian PANRB terkait pelayanan publik. Hal - hal yang menjadi bahan evaluasi seperti kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, pengelolaan pengaduan dan inovasi pelayanan publik.
"Tahun 2021 yang lalu Kemenpanrb memberikan nilai sebesar 3,39 atau dengan kategori B kurang (Baik dengan catatan) kepada Dinas Dukcapil Dairi. Diharapkan hasil evaluasi tahun ini dapat memberikan nilai lebih lagi untuk memberikan semangat bagi seluruh personil dalam mendukung terwujudnya Dairi Unggul dalam menyelenggarakan pelayanan publik," tutur Deddy dengan senyum.

Tim Evaluator Kemenpanrb yang diwakili narahubung tim evalator Provinsi Sumatera Utara yang melakukan evaluasi antara lain Kabag Tata Laksana Biro Organisasi Setdaprovsu Muhammad Fauzi Siregar dan Simon Hutabarat. Sedangkan dari Pemerintah Kabupaten Dairi diwakili Kepala Bagian Organisasi Bernad Naibaho, S.Sos, M.Si dan Analis Kebijakan Muda Bagian Organisasi Adven Simanullang, S.Pd.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0WTGyGCZyZD4JJ65a8PWVAjVcRgBFir5TSBFFKV1DpbewaxUmXM...






PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



PROFIL


PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK



Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!