Ombudsman Lakukan Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dinas Dukcapil Dairi

08 Sep 2022     1063

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menerima Tim Evaluator Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan Sumatera Utara untuk melakukan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik di Dinas Dukcapil Dairi Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang, Senin (05/09).

Tim Ombudsman perwakilan Sumatera Utara yang turun melakukan evaluasi di Pemerintah Kabupaten Dairi khususnya di Dinas Dukcapil Dairi adalah Edward Silaban dan Florencia Sipayung selaku asisten Ombudsman RI Perwakilan Sumut.

Dalam sambutannya, Kadis Dukcapil Dairi menyambut baik kedatangan Ombudsman ke Dinas Dukcapil untuk melakukan penilaian penyelenggaraan pelayanan publiknya khususnya pelayanan urusan dokumen administrasi kependudukan yang diberikan kepada warga.
"Kami telah mempersiapkan diri menyambut kedatangan tim evaluasi dari Ombudsman seperti melakukan pembenahan dan perbaikan sarana prasarana dan fasilitas, kesiapan personil dalam memahami terkait Undang-Undang Pelayanan Publik dan Undang-Undang Ombudsman, ketersediaan jaminan keselamatan pelayanan seperti penyediaan APAR, P3K, pintu darurat dan lainnya," tutur Kadis dihadapan Tim Evaluator Ombudsman sebelum melakukan pemeriksaan dan wawancara dengan beberapa pejabat, petugas pelayanan dan pengelola pengaduan.

Berdasarkan rekomendasi yang disampaikan Ombudsman, seluruhnya ditindaklanjuti agar pelayanan dapat lebih baik yang diharapkan penilaian yang dilakukan saat ini, dapat lebih maksimal lagi.
"Inilah komitmen yang sungguh-sungguh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk wujudkan Dairi Unggul khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Perwujudan ini terlihat dalam misi ke empat yakni merealisasikan dengan komitmen tinggi prinsip penyelenggaraan good governance kepemerintahan yang baik dan clean government kepemerintahan yang besih dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan daerah," ungkapnya.

Tim evaluator Ombudsman perwakilan Sumatera Utara Edward Silaban dan Florencia Sipayung menyampaikan terimakasih atas waktu dan kesempatan menerima kedatangan ombudsman dalam melakukan penilaian yang diharapkan melalui kegiatan ini pelayanan publik dapat lebih baik lagi di Dinas Dukcapil Dairi.
"Diharapkan pembenahan yang dilakukan bukan hanya untuk penilaian, tapi karena ada keterpanggilan untuk melayani. Nilai yang diberikan ini bagian dari bumbu-bumbu. Dapat ya syukur, bila tidak dapat, harus berupaya melakukan peningkatan. Hasil yang nantinya diperoleh, dapat menjadi penyumbang nilai terbaik bagi Pemerintah Kabupaten Dairi," kata Edward Silaban didampingi Florencia Sipayung sebelum meninggalkan Dinas Dukcapil.

Terlihat Pejabat yang ikut mendampingi ombudsmanmelakukan pengecekan kelengkapan sarana, prasarana dan fasilitas Dinas Dukcapil, Kepala Bagian Organisasi Bernad Naibaho, S.Sos, M.Si, Analis Kebijakan Muda Bagian Organisasi Adven Simanullang, S.Pd, Sekdis Dukcapil Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, Plt. Kabid PIAK Indra SImanjuntak, S.Kom, ADB Agus Rajagukguk dan beberapa staf Dinas Dukcapil Dairi.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02aCiGxVM6WHF7MoBGDnsnX2uhFgHgwvZ73fm91kaqi16p2sBps...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB