KUA Sidikalang Serahkan Dokumen Adminduk Dua Pasang Pengantin Baru

06 Sep 2022     334

Sidikalang-Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sidikalang, Abdul Yajid Lingga,S.Ag., MM menyerahkan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) kepada dua pasang pengantin baru, Suryadi Bintang dengan Irma Sonethi Simanjorang dan Kundi Berutu dengan Ola Maharani Tumanggor setelah selesai akad nikah di dua tempat yang berbeda, Senin (05/09).
Dokumen adminduk yang diserahkan kepada pengantin adalah Kartu Keluarga (KK) dan KTP dengan status perkawinan tercatat. Selain pengantin, kedua orang tua dari dua pasang pengantin tersebut mendapat KK yang baru karena putra – putri mereka sudah membentuk keluarga baru.

Dalam keterangannya, Kepala KUA Sidikalang Abdul Yajid Lingga,S.Ag., MM mengatakan program penyerahan dokumen adminduk ini merupakan kerjasama Ke Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dairi dengan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dairi."Kegiatan penyerahan Kartu Keluarga atau KK kepada pengantin dan orangtua pengantin terus kami lakukan untuk memberikan pelayanan prima kepada warga yang melangsungkan pernikahan yang diselenggarakan KUA se – Dairi. Warga tidak perlu lagi repot dalam mengurus dokumen kependudukan ke Dinas Dukcapil, dokumen kependudukan langsung diserahkan dihari bahagia ini," ujar Abdul Yajid Lingga disela-sela kegiatan di dua lokasi yang berbeda yakni di Jl. Trikora Sidikalang dan Jl. Empat Lima Batang Beruh Sidikalang.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si disela-sela kegiatannya menerima kunjungan Tim Evaluator Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara di Kantornya menjelaskan, kolaborasi Kemenag Kabupaten Dairi dengan Pemerintah Kabupaten Dairi telah ditandatangani bersama pada akhir tahun 2021, dimana apabila ada warga yang melangsungkan pernikahan yang dilaksanakan KUA se – Dairi, setelah diserahkan Buku Nikah kepada pengantin, dokumen adminduk berupa Kartu Keluarga juga ikut diserahkan secara simultan.

"Program ini adalah salah satu program unggulan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam membahagiakan seluruh Warga Dairi untuk wujudkan Dairi Unggul. Dinas Dukcapil terus memberikan pelayanan terbaik bagi warga melalui layanan-layanan jemput bola dan bekerjasama dengan instansi terkait seperti Rumah Sakit Sidikalang dan 18 Puskesmas Se – Dairi dalam penerbitan akta lahir anak pasca bersalin, 161 Desa dan 8 Kelurahan dalam pelayanan dan penerbitan dokumen di Kantor Desa/kelurahan, perekaman KTP-el bagi pemula di seluruh SMA, SMK dan MAN se – Dairi dan lainnya," tuturnya.

Kerjasama yang dilakukan ini seluruhnya mempergunakan layanan aplikasi perkebbas. Melalui aplikasi ini, instansi yang telah bekerjasama dengan Dinas Dukcapil tidak perlu lagi mengantarkan berkasnya, cukup di upload, tunggu, hasilnya dapat langsung di download melalui aplikasi tersebut dan diprint sendiri di kantor dengan mempergunakan kertas dengan ukuran A4 80 gram.
Inilah perubahan pelayanan dan kemudahan dalam pengurusan dokumen kependudukan dimasa pemerintahan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. Kerja nyata, Kerja cepat dan mudah.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid03GptjkQqBYJyH2MdoBkb5mTQ8Zw1xqSKEyiuTPJmXQQba6AwZR...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB