Desa Bukit Lau Kersit Gunung Sitember Terima Program Tuntas Dokumen Adminduk Dukcapil Dairi

26 Oct 2022     520

Lau Kersit-Desa Bukit Lau Kersit merupakan Desa yang ke 49 yang mendapat program tuntas dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi.

Program ini adalah kolaborasi Dinas Dukcapil dengan Pemerintah Desa Bukit Lau Kersit dalam memberikan pelayanan prima kepada warga melalui kegiatan pelayanan door to door atau mengecek dan mendata setiap rumah tangga telah dan belum lengkap memiliki dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran dan akta perkawinan. Apabila belum lengkap dokumen adminduk, perangkat desa atau Kepala Dusun akan membantu warga tersebut untuk mengajukan permohonan dengan terlebih dahulu dilengkapi persyaratannya.

Demikian paparan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dihadapan Kepala Desa (Kades) Lau Kersit Mangiring Sinurat, Sekdes Mangisi Tua Siregar, Para Perangkat Desa dengan 7 Kepala Dusun, bertempat di Kantor Desa Bukit Lau Kersit Kecamatan Gunung Sitember, Selasa (25/10).

"Program ini dilaksanakan bermula dari banyaknya keluhan dan pengaduan seperti kurang keterbukaan proses pelayanan, adanya diskriminasi, ketidaktepatan waktu, ribet, berbelit-belit dan jarak serta letak geografis Dairi yang berbukit-bukit," tutur Kadis dengan wajah serius.

Dia juga menambahkan, bahwa Desa Bukit Lau Kersit berada dilokasi yang jauh dari pusat ibukota Kabupaten Dairi, belum lagi kondisi jalan sehingga diperlukan upaya dan inovasi untuk mendekatkan pelayanan ditengah-tengah masyarakat.

"Inovasi pelayanan adminduk, perkebbas sudah berjalan di Desa ini. Kami patut mengapresiasi kinerja Kepala Desa Bukit Lau Kersit dan seluruh jajarannya yang telah mempergunakan aplikasi perkebbas dalam mempercepat, mempermudah dan menghadirkan pelayanan kepada warga sehingga tidak perlu lagi datang ke Dinas Dukcapil yang berada di Sidikalang. Diharapkan kedepan untuk terus ditingkatkan penggunaannya agar tahun depan dapat penghargaan bagi Desa yang paling aktif dalam menuntaskan dokumen kependudukan warga Bukit Lau Kersit," ujar Deddy.

Bagi warga yang belum memiliki KTP-el, dapat dikumpulkan di kantor Desa dan bagi warga yang rentan seperti ODGJ (Orang Dengan Ganggun Jiwa), penyandang Disabilitas dan Lansia, pelayanan dilakukan dirumah warga tersebut.

Perbaikan elemen data seperti alamat, pendidikan dan pekerjaan juga menjadi perhatian seluruh Kepala Dusun ketika melakukan pendataan dan mengecekan dokumen kependudukan warga.

Kades Lau Kersit Mangiring Sinurat mengucapkan terimakasih atas kunjungan Dinas Dukcapil hadir di Desanya dalam memberikan sosialisasi dokumen adminduk kepada seluruh jajarannya sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam memberikan pelayanan kerumah-rumah warga.

"Program ini sangat kami nanti karena masih banyak warga kami belum memiliki dokumen kependudukan. Semoga program ini dapat kami jalankan untuk mendukung perwujudan Dairi Unggul melalui penyelesaian seluruh dokumen kependudukan warga," seru Kades dengan penuh semangat.

Kades juga melanjutkan bahwa perkebbas berjalan dan sudah dirasakan manfaatnya untuk membawa warga. Warga tidak perlu repot ke sidikalang. Pelayanan sudah dapat diberikan di Kantor Desa ini dan seluruh pelayanan yang kami laksanakan gratis. Inilah komitmen saya sebagai Kepala Desa terpilih untuk membahagiakan seluruh warga Desa.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan tanya jawab, dilanjutkan pengisian formulir yang disampaikan pejabat fungsional Dinas Dukcapil Dairi dan berakhir dengan foto bersama di depan Kantor Desa Bukit Lau Kersit.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0gtSFnzrXYZfzArCP92267yi9WoQucKkWkjJyGdwQkbUhmUtBKp...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB