Dinas Dukcapil Dairi Berikan Layanan Rekam KTP-el Bagi 24 Warga Pegagan Julu VII Sumbul

19 Oct 2022     381

Pegagan Julu VII-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi memberikan pelayanan jemput bola (jempol) rekam Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) bagi 24 orang warga Desa Pegagan Julu VII Kecamatan Sumbul, Selasa (18/10).

Dalam keterangannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M,Si mengatakan bahwa program pelayanan Jempol rekam KTP-el mengunjungi Desa Pegagan Julu VII untuk melakukan rekam biomterik terhadap 24 penduduk Desa Pegagan Julu VII sebagai syarat untuk memiliki KTP-el, dimana pelayanan tersebut dipusatkan di Kantor Desa dan beberapa dilaksanakan dirumah-rumah warga yang memiliki kebutuhan khusus.
"Adapun 24 orang yang kami rekam, antara lain 4 orang penyandang disabilitas, 5 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), 3 orang warga Lanjut Usia (Lansia), 8 orang KTP-el pemula, 4 orang warga Desa yang belum memiliki KTP-el," ujar Kadis Dukcapil Dairi.

Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama Dinas Dukcapil Dairi dengan Pemerintah Desa untuk menuntaskan penduduk yang belum memiliki KTP-el.

Beberapa waktu yang lalu, telah dilaksanakan sosialisasi tuntas adminduk di Desa Pegagan Julu VII, dimana salah satu komitmen adalah apabila ada warga yang belum memiliki KTP-el khususnya kepada warga yang berkebutuhan khusus dan warga desa minimal 10 orang, Dinas Dukcapil akan turun memberikan pelayanan rekam KTP-el di Kantor Desa atau datang kerumah-rumah warga.

"Inilah komitmen Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh warga yang belum memiliki KTP-el terutama bagi warga rentan adminduk seperti penyandang disabilitas, ODGJ dan lansia melalui pelayanan langsung kerumah warga. Warga tidak perlu datang ke Dinas Dukcapil atau ke kantor Camat. Cukup disampaikan ke perangkat Desa di Kantor Desa atau petugas TPDK Kantor Kecamatan maupun ke petugas Dinas Dukcapil, pelayanan akan hadir dirumah warga tersebut," kata Deddy.

Kepala Desa (Kades) Pegagan Julu VII Juara Purba mengapresiasi pelayanan jempol yang dilaksanakan Dinas Dukcapil Dairi ke Desa sehingga kebutuhan warganya akan KTP-el dapat terpenuhi seluruh.

"Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Desa Pegagan Julu VII, saya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Dairi khususnya Dinas Dukcapil Dairi dalam memberikan pelayanan rekam KTP-el, terutama pelayanan rekam KTP-el terhadap warga yang berkebutuhan khusus yang dilakukan langsung kerumah-rumah penduduk," ungkap Kades dengan penuh semangat.

Dia juga menambahkan bahwa pelayanan seperti inilah yang sangat dinanti seluruh warga, dimana Pemerintah benar-benar memberikan pelayanan prima kepada warganya.

Kades juga berharap agar pelayanan seperti ini konsisten dilakukan ke Desa-Desa untuk menyelesaikan kepemilikan KTP-el bagi seluruh warga Dairi.

Terlihat Plt. Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Indra Simanjuntak, S.Kom bersama Maniur Sianturi, S.Kom memberikan pelayanan rekam KTP-el kepada seluruh warga. Sedangkan Kades Pegagan Julu VII Juara Purba didampingi Sekdes Erianto Malau, Para Kepala Dusun kadus dan Seluruh Staf Desa.

Berita ini juga dapat dibaca:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02JFwirznzQmJAfhokQnQ81RqRUXvU4KE5ZJV5MuEfYVtHp14Sh...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB