Kepala KUA Sidikalang Serahkan Buku Nikah dan Dokumen Adminduk kepada Pengantin Baru

18 Oct 2022     445

Sidikalang-Pasangan pengantin baru Arman dan Halimah Gustina Kaloko sangat bahagia ketika selesai akad nikah, langsung menerima Buku Nikah dan dokumen adminduk dari Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sidikalang, Abdul Yajid Lingga, S.Ag, MM yang sekaligus memandu akad nikah.

"Salah satu kerjasama dan kolaborasi Kementerian Agama Kabupaten Dairi khususnya Kantor Urusan Agama (KUA) dengan Dinas Dukcapil Dairi adalah menyerahkan dokumen administrasi kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el kepada pengantin baru ketika selesai akad nikah diserahkan buku nikahnya. Selain kepada pengantin. Kartu Keluarga kedua pengantin juga diserahkan karena kedua mempelai telah memiliki Kartu Keluarga baru," ujar Abdul Yajid Lingga, S.Ag.MM setelah memandu akad nikah di Balai Nikah Kantor KUA Sidikalang, Senin (17/10).

Program kerjasama ini telah dijalankan dan sudah dirasakan warga sejak awal tahun hingga sampai saat ini. Warga tidak perlu lagi repot mengurus dokumen adminduknya, ketika telah resmi menjadi pasangan suami isteri. Dokumen kependudukan tersebut langsung diterima warga bersamaan dengan penyerahan Buku Nikah. Semua begitu mudah dan praktis.

Sementara itu, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si., mengatakan bahwa kerjama Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Dukcapil Dairi dengan Kemenag Dairi khususnya Kantor Urusan Agama (KUA) se – Dairi telah terjalin dengan lancar dengan mempergunakan layanan perkebbas.

"Lima Belas KUA se-Dairi tidak perlu mengantar berkas persyaratan yang diperlukan ke Dinas Dukcapil, tapi cukup mengupload dokumen tersebut melalui aplikasi perkebbas, paling lama satu hari sebelum hari H. Kemudahan dan kecepatan pelayanan terus dipastikan berjalan untuk wujudkan Dairi Unggul dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu," tutur Kadis.

Bagi masyarakat yang berkeinginan mendapatkan layanan ini, dapat meminta informasinya ke seluruh Kantor Urusan Agama yang berada di seluruh kecamatan se-Dairi.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02m9gVmnzus4Lguxg46ExsGfEa6bTH8yE9B4jdd4iQ8qPvDDgXt...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB