Dinas Dukcapil Dairi Terima Kunjungan Studi Banding Pelayanan Publik Dinas Dukcapil Karo

10 Oct 2022     490

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menerima kunjungan studi tiru Plt. Kadis Dukcapil Karo Susy Iswara Bangun, SE, M.Si yang diwakili Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Penduduk (PIAK) Yerry Usahanta Purba, SE di ruang kerja Kadis Dukcapil Dairi Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang, Jumat (07/10).

Dalam penjelasannya, Kabid PIAK Yerry Usahanta Purba, SE mengatakan maksud dan tujuan kedatangannya adalah melakukan studi tiru terkait pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2022 yang diselenggarakan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpanrb) RI terhadap Dinas Dukcapil Karo.

"Baru-baru ini, tim evaluator Kemenpanrb dalam hal ini Biro Organisasi Sekretariat Provinsi Sumatera Utara (Setdaprovsu) melakukan evaluasi ke Dinas Dukcapil Karo terkait penyelenggaraan pelayanan publik. Tim evaluator dari Setdaprovsu tersebut menyarankan agar melakukan studi banding ke Dinas Dukcapil Dairi karena indeks pelayanan publiknya sudah sangat baik,' ujar Kabid PIAK Dinas Dukcapil Karo yang didampingi kasi Pengolahan dan Penyajian Data Sudinarta Baru, SH, Plt. Kasubbag Umum dan Kepegawaian Desi Arisandi Surbakti, S.Kom, dan Operator SIAK Sah Putra Pratama Tarigan, S.kom.

Sementara Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menyambut baik kedatangan Dinas Dukcapil Karo dalam melakukan studi banding dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya urusan bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

"Secara umum, indeks pelayanan publik Kemenpanrb yang dimulai dari kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsutasi dan pengadian dan inovasi pelayanan publik, kami persiapkan dengan serius sejak tahun yang lalu," ungkap Kadis.

Rekomendasi perbaikan dari hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik tahun lalu dari Kemenpanrb menjadi salah satu unsur Dinas Dukcapil Dairi untuk berbenah. Nilai indeks 3,39 atau kategori B- (baik dengan catatan) perlu kami tingkatkan lagi agar nilai indeks yang akan disampaikan pada tahun 2022 lebih maksimal lagi.

"Dalam hal kebijakan pelayanan, kami telah menetapkan 12 jenis standar pelayanan. Seluruh standar pelayanan tersebut kami bahas bersama dengan masyarakat dan instansi terkait. Standar tesebut juga dipublikasikan diruang layanan, media cetak melalui brosur, media elektronik seperti website, media sosial, aplikasi yang bisa diunduh, SIPP nasional dan papan reklame," sebut Deddy yang dampingi Sekdis Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, ADB Dukcapil Dairi Agus Rajagukguk, A.Md, Martini Sitohang, SE, Wina Manullang, S.Pd.

Dia juga mengatakan, masyarakat saat ini tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Dinas Dukcapil, karena pelayanan Dukcapil sudah lebih dekat dengan masyarakat melalui penggunaan aplikasi perkebbas (pelayanan administrasi kependudukan berbasis online) di 15 Kecamatan, 161 desa, 8 kelurahan, RSUD Sidikalang, 18 Puskesmas, 15 Kantor Urusan Agama (KUA), Pengadilan Negeri Sidikalang, Pengadilan Agama Sidikalang, rumah-rumah ibadah, dan sekolah.

"Dokumen adminduk seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta kematian, SKPWNI sudah dapat dicetak di Kantor Desa. Rekam KTP-el dapat dilakukan di 12 Kecamatan, Cetak KTP-el sudah bisa di 8 Kecamatan dan kedepan secara bertahap 15 Kantor Camat akan dapat rekam dan cetak KTP-el. Untuk dokumen adminduk lainnya, 100 persen dapat dilakukan di seluruh Kantor Camat se – Dairi," tutur Deddy Situmorang.

Ini adalah komitmen dan keseriusan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu wujudkan Dairi Unggul melalui pelayanan prima dan menghadirkan pelayanan yang lebih dekat kepada seluruh warganya.

Setelah pertemuan, Kadis Dukcapil Dairi mengajak rombongan Dinas Dukcapil Karo berkeliling keseluruh ruangan, melihat aktifitas pelayanan yang sedang berlangsung dan mendokumentasi sarana dan prasarana yang terpampang. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama didepan ruang layanan dan didepan kantor.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02CcRCcNfg9s1ecDn3LiLKM1pQw9mwYggSaUUzbLLg8gEbwLE3H...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB