Sembilan Warga Binaan Rutan Sidikalang Rekam KTP-el

10 Oct 2022     359

Sitinjo-Untuk memenuhi kebutuhan identitas khususnya dalam kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melakukan pelayanan jemput bola (jempol) rekam KTP-el terhadap warga binaan permasyarakatan di Rutan Kelas IIB Sidikalang, Jumat (07/10).

"Berdasarkan surat permintaan Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Sidikalang, ada sebanyak 9 orang warga binaan tidak memiliki KTP-el sehingga Dinas Dukcapil terlebih dahulu melakukan pencekkan data yang disampaikan dan apabila tidak ditemukan datanya, akan dilakukan mengentrian data tersebut ke Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan selanjutnya dilakukan rekam biomterik," ujar Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M,Si dari ruang kerjanya disela-sela menerima kunjungan Dinas Dukcapil Kabupaten Karo melakukan studi banding.

Lebih lanjut, Kadis menjelaskan bahwa hari ini telah dijadwalkan untuk merekam 5 orang warga binaan karena 4 orang lagi telah ditentukan datanya dan telah memiliki KTP-el. Hasil dari rekam KTP-el ini, minggu depan akan langsung diserahkan KTP-el 9 orang warga binaan tersebut.

Kerjasama Dinas Dukcapil Dairi dengan Rumah Tahanan Negara Kelas II B Sidikalang telah terjalin dengan baik, dalam hal memenuhi identitas diri terhadap warga rentan adminduk.

"Pelayanan tehadap warga rentan adminduk terus kami berikan laksanakan secara konsisten. Tahunn lalu, kami juga memberikan pelayanan ke rumah tahanan tanjung kusta di medan. Inilah salah satu bentuk pelayanan jemput bola yang diberikan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk wujudkan Dairi Unggul dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu," tutur Deddy.

Sementara itu, Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Sidikalang Japaham Sinaga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi yang melaksanakan pelayanan jemput bola ke Rutan Sidikalang sehingga warga binaannya seluruh memiliki identitas diri berubah KTP-el.

"Kami mengapresiasi kecepatan Dinas Dukcapil Dairi menanggapi permintaan kami dalam mencek data kependudukan dan memberikan pelayanan jemput bola khususnya untuk memiliki KTP-el. Kami berharap pelayanan ini terus dapat dilakukan untuk memenuhi hak-hak konstitusional warga negara indonesia," kata Japaham Sinaga.

Petugas Dinas Dukcapil Dairi yang hadir memberikan pelayanan, Dahliana Siburian, Steve Morleon Tambunan, dan Poman Lumbangaol. Sedangkan pihak rutan yang ikut mendampingi pelayanan tersebut Febrianto Sirait, SH.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid029FazFaae6trf9WMpQXnPKY88QBpXHydDqib5aivx98BVPJL85...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB