Kadis Dukcapil Serahkan 115 KIA dan 9 Akta Lahir di Dua Sekolah Dasar

25 Oct 2022     291

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menyerahkan 115 Kartu Identitas Anak (KIA) dan 9 Akta Kelahiran anak-anak sekolah di SD Negeri 030297 parbuluan dan SD Swasta Adven Balna, bertempat diruang layanan Dinas Dukcapil Dairi, Jumat (21/10) dan Senin (24/10).

Dokumen adminduk yang diserahkan, SD Negeri 030297 Parbuluan menerima 86 keping KIA, 8 Akta lahir dan 1 Kartu Keluarga (KK) dan SD Swasta Adven Balna menerima 29 keping KIA dan 1 akta lahir.

Penuntasan kepemilikan dokumen adminduk berupa akta lahir dan KIA bagi seluruh anak-anak yang duduk dibangku sekolah mulai dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA terus dilakukan secara konsisten agar seluruh anak-anak terpenuhi hak-hak konstitusionalnya.
"Inilah komitmen yang sungguh-sungguh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk memenuhi kebutuhan dokumen adminduk seluruh warga termasuk kepada anak-anak. Target tuntas adminduk ini telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk dilaksanakan Dinas Dukcapil Dairi," tutur Kadis dengan lugas.

Strategi untuk menuntaskan ini salah satunya adalah telah ditandatangani akhir bulan sembilan yang lalu kerjasama Dinas Dukcapil Dairi dengan Dinas Pendidikan Dairi untuk percepatan penerbitan akta kelahiran dan KIA bagi seluruh pelajar seluruh tingkatan mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, sehingga ditindaklanjuti seluruh sekolah tersebut.

"Peningkatan intesitas pencetakan dan penyerahjan KIA dan Akta lahir kepada sekolah-sekolah akhir-akhir ini adalah merupakan bagian dari program tersebut yang diharapkan secara bertahap dapat terselesai dengan cepat untuk wujudkan Dairi Unggul," ungkap Deddy.

Kasek SD Negeri 030297 Parbuluan Sannytha Situmorang, S.Pd mengapresiasi kecepatan kerja Dinas Dukcapil dalam menerbitkan dokumen kependudukan anak-anak didiknya.

"Beberapa waktu yang lalu kami mengajukan permohonan untuk pembuatan akta lahir dan KIA, hari kami menerima hasilnya. Cepat, tidak perlu pake ribet. kami akan ajukan kembali agar anak-anak didik kami, memiliki identitas kependudukan yang jelas untuk mendukung program tuntas adminduk bagi seluruh warga termasuk kepada seluruh pelajar," kata Sannytha Situmorang dengan penuh semangat.

KIA dan akta lahir tersebut diserahkan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si didampingi Ketua DWP Dinas Dukcapil Dairi Ny Erlin Manullang Deddy Situmorang, Pejabat fungsional Nurdingse Simbolon, Yohanna Pratedina Ketaren, SE dan Agus Rajagukguk, A.Md. Sementara itu, KIA diterima Kasek SD Negeri 030297 Parbuluan Sannytha Situmorang, S.Pd dan Kasek SD Swasta Adven Balna Ridawati Sagala.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02vTjJ6LZT3iCjHEQccgygjiDNn4FzNuxznHsVChND2qzeuAUPT...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB