Kadis Dukcapil Dairi Terima Kunjungan Studi Tiru Dinas Dukcapil Toba

24 Nov 2022     429

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi menerima kunjungan studi tiru Dinas Dukcapil Kabupaten Toba terkait implementasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online atau Perkebbas, di ruang kerjanya, Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang, Jumat (18/11).

Kunjungan Dinas Dukcapil Toba dipimpin Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil (Capil) Hendra Anfourel Butarbutar, AP, didampingi Kasubbag Keuangan Asima Aritonang, SS dan Pejabat Fungsional Rudi Simanjuntak, SH.

Dalam pertemuan tersebut, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si memaparkan bahwa untuk mengatasi permasalahan-permasalahan seperti banyaknya pengaduan dan keluhan masyarakat, pelayanan dokumen terpusat hanya di Dinas Dukcapil, ketidaktepatan waktu penyelesaian dokumen, ribet, berbelit-belit yang menimbulkan biaya yang tinggi perlu dilakukan teroborsan dan inovasi seperti membangun aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis daring.

"Sebelum mempergunakan layanan ini, penebitan dokumen adminduk kami sangat lambat, tidak terukur sehingga ketidaktepatan waktu penyelesaian tidak jelas, padahal masyarakat sangat berharap seluruh dokumen yang diajukan dapat selesai dengan cepat. Atas permasalahan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menginstruksi kepada untuk bergerak cepat melakukan perubahan pelayanan yang selama ini masih konvensional untuk beralih ke digital," tuturnya.

Pada awalnya, layanan adminduk berbasis online atau dikenal dengan perkebbas hanya melayani beberapa dokumen yang sederhana seperti penerbitan Kartu Keluarga (KK) karena penambahan anak dan pengantian Kartu Keluarga (KK) yang rusak atau hilang. Permohonan KTP yang hilang, dan penerbitan akta kelahiran.

Saat ini, Layanan Perkebbas sudah power full. Seluruh permintaan warga dapat diajukan melalui aplikasi tersebut. Selain warga, instansi terkait seperti Kantor Kecamatan, Kantor Desa dan Kelurahan, Puskesmas, RSUD Sidikalang, Kantor Urusan Agama (KUA), Pengadilan Negeri Sidikalang, Pengadilan Agama Sidikalang dan beberapa gereja telah mempergunakan ini.

"Pelayanan urusan dokumen adminduk sudah semakin dekat dengan masyarakat melalui penggunaan aplikasi. Warga dapat memiliki lokasi untuk mengajukan pengurusan dokumen kependudukannya sehingga biaya transportasi yang selama ini menjadi salah satu masalah yang sangat krusial dapat teratasi. Inilah bukti perubahan pelayanan yang dilakukan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam memberikan pelayanan prima, menuntaskan seluruh dokumen kependudukan warga," ujar Deddy yang didampingi ADB Dukcapil Dairi Agus Rajagukguk, A.Md.

Sementara itu, Kabid Capil Dinas Dukcapil Toba Hendra Anfourel Butarbutar, AP mengapresiasi pelayanan dokumen kependudukan yang dilaksanakan Dinas Dukcapil Dairi yang telah menerapkan aplikasi perkebbas dalam memberikan pelayanan adminduk kepada warganya.

"Tujuan kedatangan kami adalah belajar penerapan aplikasi layanan adminduk online yang telah berjalan di Dinas Dukcapil Dairi. Berdasarkan penjelasan dan melihat langsung proses layanan online ini, begitu banyak kemudahan dan kecepatan yang dilakukan dalam membantu warga. Semoga kami dapat membantu aplikasi seperti ini untuk bersama-sama memberikan pelayanan prima untuk membahagiakan seluruh warga," kata Hendra dengan senyum.






Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0ijv1a8BV81mJ1Z2fjR1NKN8wuNVrqEfJw61uYYzKozz111QcmU...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB