Pelayanan Jemput Bola Dinas Dukcapil Dairi Hadir di Desa Lau Njuhar Tanah Pinem

24 Nov 2022     432

Lau Njuhar-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan kegiatan pelayanan jemput bola tuntas dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa Lau Njuhar Kecamatan Tanah Pinem, Kamis (17/11).

Dalam keterangannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukannya ini hari ini merupakan rangkaian mendampingi reses anggota DPRD Kabupaten Dairi J. Putra Ginting, SH, MH yang berlokasi di Desa Lau Njuhar.

"Desa Lau Njuhar ini termasuk daerah yang sangat jauh dari ibukota Kabupaten Dairi, dimana masih banyak warganya belum memiliki dokumen kependudukan sehingga perlu dilaksanakan pelayanan jemput bola yang diharapkan dapat membantu permasalahan kebutuhan dokumen kependudukan bagi warga," ungkap Kadis.

Pelayanan yang dilaksanakan berupa perekaman dan pencetakan KTP-el, pengurusan Kartu Keluarga (KK) yang baru karena penambahan anggota keluarga, menikah atau rusak maupun hilang. Penerbitan akta kelahiran, akta perkawinan dan akta kematian. Seluruh layanan pengurusan kependudukan diberikan secara maksimal dan seluruh gratis.

Sementara itu dalam sambutannya, anggota DPRD Kabupaten Dairi J. Putra Ginting, SH, MH mengatakan maksud dan tujuan kedatangannya adalah untuk melihat secara langsung kebutuhan yang diperlukan masyarakat yang tinggal di Desa ini untuk nantinya hasilnya dibawa dan diusulkan dalam anggaran tahun depan.

"Secara umum kebutuhan infrastruktur yang memadai menjadi skala prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk kelancaran membawa hasil-hasil pertanian dijual sampai ke pasar," tutur J. Putra Ginting, SH, MH yang juga merupakan anggota Fraksi Nasdem.

Dia juga mengatakan dalam rangkaian reses ini, Dinas terkait seperti Dinas Dukcapil hadir memberikan pelayanan dokumen adminduk bagi seluruh warga. Diminta kepada seluruh warga dapat memanfaatkan pelayanan ini secara maksimal.

"Apabila masih ada warga yang belum memiliki KTP, akta kelahiran, akta perkawinan, atau Kartu Keluarga (KK) yang hilang atau rusak, dapat diterbitkan kembali. Mari kita semua memeriksa kembali dokumen adminduk yang belum lengkap," ajak Putra Ginting dihadapan masyarakat Lau Njuhar dengan penuh semangat.

Setelah kegiatan tersebut, sebelum meninggalkan Desa tersebut, Kadis Dukcapil Dairi juga menyempatkan berdiskusi dengan Kepala Desa Lau Njuhar bersama seluruh jajarannya terkait upaya penuntasan dokumen kependudukan melalui penggunaan layanan perkebbas untuk menghadirkan layanan dukcapil di Desa tersebut.

Hadir dalam kegiatan reses tersebut beberapa instansi terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas Pertanian.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0JnYWy25nF3U2We7FaRwpUy3NFgMNVnn5NwMgNXRw5hsV6gjEx3...



?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB