Penilaian Akhir, Tim Juri Lomba Inovasi Daerah Sumut Turun ke Dairi

09 Nov 2022     503

Sidikalang-Sebagai tahap akhir penilaian lomba inovasi daerah tingkat Provinsi Sumatera Utara, tim juri lomba inovasi daerah melakukan penilaian, verifikasi dan peninjauan implementasi perkebbas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Dukcapil) Kabupaten Dairi dan tiga instansi Pemerintah yang telah mempergunakan perkebbas, dimana perkebbas merupakan satu salah inovasi yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk diikutsertakan dalam perlombaan yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumut, Jumat (04/11).

Penilaian dilaksanakan sebanyak tiga tahap. Tahap pertama adalah administrasi dan dokumen melalui pengajuan proposal, kematangan inovasi dan data dukung. Tahap kedua melakukan presentasi dan wawancara dan tahap akhir validasi lapangan dengan memperlihatkan bukti-bukti yang valid mendukung penerapan inovasi yang diajukan.

Tim juri yang hadir kegiatan tersebut, Dr. Hottua Samosir yang didampingi para peneliti Balitbang dan Bappeda Provsu Emma Kumalasari, Anton, Mukardi Munthe, Hastipeni Sembiring dan Mardi Pasaribu. Sedangkan rombongan juri tersebut disambut Kepala Bappeda Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin, ST, MAP, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kabid Dafduk Amudi Naiborhu, S.Sos, Plt. Kabid PIAK Indra Simanjutak, S.kom, Plt. Kabid Litbang Mardi Pasaribu.

Dalam paparannya, Kadis Dukcapil Dairi mengatakan cikal bakal dikembangkannya inovasi perkebbas ini karena selama ini banyaknya permasalahan pelayanan adminduk pada Dinas Dukcapil Dairi sehingga diperlukannya inovasi dan terobosan yang mampu mengatasi seluruh keluhan dan permasalahan yang ada dimasyarakat.

"Banyak pengaduan dan keluhan masyarakat seperti kurangnya keterbukaan proses pelayanan, birokrasi terkesan kaku, pelayanan terpusat hanya di Dinas Dukcapil, adanya diskriminasi, ketidaktepatan waktu, ribet, berbelit-belit yang menimbulkan high cost dan calon, belum lagi geografis Kabupaten Dairi yang berbukit-bukit sehingga diperlukan inovasi yang mumpuni menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun inovasinya adalah perkebbas," tutur Kadis dihadapan juri dan tim pendamping dari Balitbang Provsu.

Perkebbas adalah singkatan dari pelayanan administrasi kependudukan berbasis online yang diluncurkan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu pada 1 Oktober 2020 yang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Dairi ke 73, dibangun dan dikembangkan untuk mempermudah, memperlancar, mempercepat dan mendekatkan pelayanan ditengah-tengah masyarakat.

Aplikasi ini telah dipergunakan 15 kecamatan, 161 desa, 8 kelurahan, RSUD Sidikalang, 18 puskesmas, Pengadilan Negeri Sidikalang, Pengadilan Agama Sidikalang, 15 Kantor Urusan Agama, beberapa gereja dan sekolah.

"Setiap instansi yang bekerjasama dengan Dinas Dukcapil Dairi dapat mengajukan permohonan melalui aplikasi tersebut. Petugas akan melakukan verifikasi berkas permohonan dan apabila dinyatakan lengkap, dokumen adminduk dapat diunduh operator instansi," ungkapnya.

Sementara itu, Tim Juri Inovasi Daerah Provsu Dr. Hottua Samosir mengatakan kedatangannya untuk mengevaluasi inovasi yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam perlombaan Inovasi Daerah.

"Kami melakukan penilaian mendalam terhadap aplikasi perkebbas yang diajukan Pemkab Dairi yang sudah masuk dalam 20 besar inovasi dari 162 inovasi yang diusulkan Pemerintah Kabupate/Kota Se-Sumatera Utara," kata Doktor Hottua Samosir yang sehari-hari Dosen Unika Medan.

Setelah paparan dan tanya jawab, dilanjutkan kunjungan ke tiga instansi sebagai lokasi sampel penerapan perkebbas seperti Kantor Camat Sidikalang, Kantor Urusan Agama (KUA) Sidikalang dan Kantor Desa Hutarakyat.

Dalam kunjungan tersebut, tim juri diterima dan mendengar secara langsung testimoni manfaat implementasi perkebbas dalam mendukung pelayanan kepada seluruh warga di tiga lokasi tersebut.

Kedatangan tim juri langsung diterima Camat Sidikalang Swanto Sitakar, SSTP, M.Si di kantornya. Setelah dari Kantor Camat Sidikalang, dilanjutkan kunjungan ke Kantor Urusan Agama Sidikalang yang diterima Kepala KUA Sidikalang Abdul Yajid Lingga, S.Ag, MM. Kunjungan ketiga ke Kantor Desa Hutarakyat diterima Kades Hutarakyat Garang Sihombing yang diwakili Sekdes Hutarakyat Erwin Manalu.

Berita ini dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0mVnnjMxdJfE4D97aSnvTzkxH8HhkDsPPMv4JCeVyvGDxuG9Ria...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB