Program Rekam KTP-el Bagi Pemula Singgahi Dua SMA Swasta di Kecamatan Tigalingga

11 Nov 2022     333

Dairi-Selama dua hari berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan pelayanan rekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi para pelajar di SMA Swasta Kusuma Sumbul Karo, Desa Palding Jaya Sumbul Tigalingga dan SMA Swasta Nusantara Tigalingga, bertempat diruang kelas pada kedua sekolah tersebut, Selasa (08/11) dan Rabu (09/11).

"Untuk meningkatkan pelayanan dan mengejar capaian cakupan kepemilikan KTP-el bagi seluruh warga, Dinas Dukcapil secara konsisten turun kesekolah-sekolah melakukan rekam KTP-el bagi siswa-siswi yang telah berusia 17 tahun keatas, dimana syarat untuk memiliki KTP-el adalah telah berusia 17 tahun," kata Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si.

Program ini merupakan komitmen yang serius dari Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk menuntaskan kepemilikan dokumen adminduk seluruh warga yang diharapkan secara bertahap dapat diselesaikan untuk mewujudkan Dairi Unggul.

Pada hari selasa (08/11), kegiatan perekaman KTP-el dilakukan di SMA Swasta Kusuma Sumbul Karo, dimana berhasil direkam sebanyak 38 orang. Dilanjutkan pada hari Rabu (09/11), perekaman dilaksanakan di SMA Swasta Nusantara Tigalingga, terekam sebanyak 68 orang, dimana 40 orang wajib KTP-el dan 28 orang belum cukup umur.

"Melalui pelayanan ini, seluruh warga dapat terbantu untuk memiliki identitas diri berupa KTP-el karena saat ini fungsi dari KTP-el sangat penting dan vital. Seluruh urusan personal maupun publik sudah mempergunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai basis data, seperti membuka tabungan diperbankan, BPJS, perpajakan, mendaftar sekolah, layanan kesehatan dan lain sebagainya,"ungkap Deddy.

Deddy juga mengharapkan bagi seluruh Warga Dairi yang belum memiliki KTP-el untuk melakukan perekaman KTP-el di Dinas Dukcapil atau ke Kantor-Kantor Camat terdekat. Proses perekaman dan pencetakan KTP-el juga cepat. Cukup membawa fotocopy Kartu Kelurga(KK) untuk mendapatkan layanan rekam KTP-el.

Dalam kegiatan pelayanan jemput bola tersebut, terlihat Petugas Dukcapil Dairi memberikan pelayanan, Plt. Kabid PIAK Indra Simanjuntak, Suriaman Kaloko, Morleon Steve Tambunan dan Staf TPDK Kecamatan Tigalingga Halasson Simbolon.

Sementara pihak sekolah yang ikut mendampingi pelayanan tersebut, Kepala Sekolah SMA Swasta Nusantara Tigalingga Ebson Edward Simamora dan Guru Sma Swasta Kusuma Sumbul Karo Christin Natalia Siburian.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0dZ2vz1en2qGGMB2MGCJyjZJudu8ZyAH6mDE97pFNvKd6nTWrVE...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB