SD Negeri 030297 Parbuluan Belajar Gunakan Aplikasi Perkebbas

01 Nov 2022     283

Sidikalang-Untuk menuntaskan dokumen adminduk anak-anak didiknya, Sekolah Dasar (SD) Negeri 030297 Parbuluan belajar memperggunakan layanan aplikasi perkebbas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, Kamis (27/10).

Pelatihan singkat mempergunakan aplikasi perkebbas tersebut, langsung dibimbing Administrator Data Base Dinas Dukcapil Dairi Agus Rajagukguk, A.Md. Sedangkan pihak sekolah yang hadir, Kasek SD Negeri 030297 Parbuluan Sannytha Situmorang, S.Pd bersama operator sekolah Ewaldus C. Pandiangan

Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan bahwa sebagai wujud kerjasama Dinas Dukcapil Dairi dengan Dinas Pendidikan Dairi dalam percepatan penuntasan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak-anak didik yang duduk dibangku sekolah mulai PAUD, TK, SD dan SMP berbagai program dilakukan seperti penggunaan aplikasi perkebbas di sekolah.

"Pada hari ini, Kepala Sekolah SD Negeri 030297 Parbuluan bersama operatornya belajar aplikasi perkebbas untuk pengajuan permohonan dokumen kependudukan anak-anak didiknya seperti akta kelahiran dan KIA secara daring," ungkapnya.

Melalui Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online atau dikenal dengan Perkebbas, urusan dokumen adminduk dapat lebih dekat lagi. Permohonan dapat diajukan kapan dan dimana saja, yang penting terhubung dengan internet dan akan diproses pada jam kerja Seluruh prosesnya dapat dipantau hingga selesai. Seluruh layanan transparan dan akuntabel.

"Inilah perubahan layanan urusan adminduk yang telah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dampaknya pengurusan dokumen adminduk lebih mudah, lebih cepat dan lebih praktis. Komitmen Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu ini akan terus dilakukan untuk mewujudkan Dairi Unggul," tutur Deddy.

Sementara itu, Kasek SD Negeri 030297 Parbuluan Sannytha Situmorang, S.Pd mengucapkan terimakasih kepada Dinas Dukcapil Dairi yang telah melatih operator sekolahnya mempergunakan aplikasi perkebbas.

"Ternyata penggunaan aplikasi perkebbas sangat mudah dan simpel, dimana pelatihannya langsung praktek penggunaan dan pengajuan permohonan KIA. Setelah seluruh formulir diisi secara digital, lengkapi persyaratan, pengajuan KIA langsung diproses. Proses ini dapat dipantau dari layanan pantau dokumen melalui Tiket yang telah diterbitkan. Setelah proses selesai, KIA langsung diserahkan,"kata Sannytha didampingi operatornya Ewaldus C. Pandiangan.

Penggunaan aplikasi ini akan kami pergunakan untuk menyelesaikan beberapa dokumen adminduk anak-anak didik kami yang belum tuntas. Kami tidak perlu lagi repot datang ke Dinas Dukcapil untuk mengajukan permohonan, melalui layanan ini dapat membantu kami.

Sebelum pulang, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si didampingi ADB Agus Rajagukguk, A.Md menyerahkan 2 keping KIA kepada Kasek SD Negeri 030297 Parbuluan Sannytha Situmorang, S.Pd didampingi Ewaldus C. Pandiangan sebagai hasil pelatihan yang dilakukan.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid025LDvsSmnaw4VCryw8KHoFLkqHBFbjoFoWMCgGv98JaSHVGrDz...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB