Tim Saber Pungli Provsu Puji Layanan Dinas Dukcapil Dairi

02 Nov 2022     357

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menerima kunjungan rombongan tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar Provinsi Sumatera Utara untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi pelayanan dokumen kependudukan, bertempat diruang pelayanan Dinas Dukcapil Dairi, Selasa (01/11).

Rombongan tim saber pungli Provsu yang hadir dalam kegiatan monev tersebut dipimpin Pokja Ahli Dr. Haslinda, S.Sos, M.I.Kom didampingi Sekretaris Pokja Pencegahan Ali Usman, SH, Anggota Pokja Yustisi Feliks Ginting dan inspektoral provsu Estina N Mahulae, Riska Fitri Yani, Melvin Tambunan dan Poppy F. Khairunisa. Sedangkan pihak pendamping inspektorat Dairi, Irban 1 Timbul Sahala Tamba, Irbanwil Rudol Tamba dan Kasiwas Polres Dairi Kurdi.

Dalam paparannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan bahwa pelayanan dokumen adminduk di Kabupaten Dairi saat ini telah bertransformasi dengan hadirnya layanan perkebbas. Melalui perkebbas ini, pelayanan dokumen adminduk sudah semakin dekat dengan masyarakat. Inilah perubahan pelayanan dokumen kependudukan dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam wujudkan Dairi Unggul

"Aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis online atau dikenal dengan perkebbas telah dipergunakan banyak instansi seperti di 15 kantor camat, 161 desa, 8 kelurahan, RSUD Sidikalang, 18 puskesmas, 15 Kantor Urusan Agama, Pengadilan Agama Sidikalang, Pengadilan Negeri Sidikalang, gereja dan sekolah. Seluruhnya layanan berjalan dengan baik dan lancar dalam mendukung kebutuhan dokumen warga," ungkap Kadis yang didampingi Sekdis Dukcapil Rayambong S. Sitohang, ST, MAP.

Dia juga menambahkan bahwa di 15 kecamatan se-Dairi, 8 Kecamatan dapat mencetak KTP-el. Urusan dokumen adminduk seperti keperluan Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Pindah (SKPWNI), akta kelahiran, akta perkawinan, akta perceraian dan akta kematian dapat dilakukan dikantor camat.

"Kami juga berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada warga tidak melakukan kutipan atau menerima ucapan terimakasih karena seluruh pelayanan gratis. Penyediaan layanan dokumen adminduk dibanyak instansi mengurangi bahkan menghilangkan calo yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat. Masyarakat dapat bebas mengajukan permohonan dokumen adminduknya yang belum lengkap,"tutur Deddy.

Dalam sambutannya, Pokja Ahli Tim Saber Pungli Provsu Dr. Haslinda, S.Sos, M.I.Kom mengapresiasi dan memuji komitmen Dinas Dukcapil Dairi dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh warga. Semua dimudahkan dan dicari jalan keluarnya apabila warga menemui kendala dalam urusan dokumen adminduknya.

"Dinas Dukcapil Dairi ini dapat menjadi percontohan pelayanan dokumen adminduk di Sumatera Utara. Kondisi kantor yang rapi, bersih, nyaman dan seluruh aktifitas layanan telah digital. Dengan layanan digital ini, pelayanan lebih transparan dan ada kepastian dokumen yang diurus selesai dengan cepat," kata Doktor Haslinda yang juga merupakan dosen UISU.

Kami berharap pelayanan seperti ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan serta ditularkan dengan Dinas Dukcapil lainnya agar kedepan ada tidak lagi warga tidak memiliki identitas diri dan dokumen kependudukan.

Setelah paparan dan diskusi, Kadis Dukcapil bersama rombongan Tim Saber Pungli Provinsi Sumatera Utara berkeliling kesetiap ruangan yang ada di Dinas Dukcapil dan berinteraksi dengan dua Kepala Sekolah SD yang mengajukan permohonan akta lahir dan KIA anak-anak didiknya. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama di ruang layanan dan didepan Dinas Dukcapil Dairi.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid031tohGd1MdSukqCP5Ninndb6kyadjQgmuimwBGX86uqiTU4doc...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB