Dua Pasang Pengantin Baru Warga Jemaat HKBP Sidikalang I Terima Akta Perkawinan

17 Jan 2023     279

Sidikalang-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil ) Kabupaten Dairi menyerahkan akta perkawinan kepada dua pasang pengantin baru yang melangsungkan pernikahan di Gereja HKBP Sidikalang I dalam waktu yang berbeda, Jumat (13/01) dan Senin (16/01).

Kedua pasang pengantin tersebut adalah pasangan Juandi Maykel dengan Kandelina Pakpahan dan pasangan Jonathan Sabera Sibarani dengan Purnama Natalia Napitupulu, dimana kedua pasang pengantin tersebut diberkati oleh Pendeta Games Purba, S.Th.

Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan sangat mengapresiasi komitmen pimpinan Gereja HKBP Sidikalang I dalam berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Dairi khususnya Dinas Dukcapil Dairi dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh warga jemaat gereja tersebut.

"Peningkatan penyerahan akta perkawinan secara langsung ini merupakan salah satu program prioritas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam upaya mewujudkan Dairi Unggul khususnya dalam memenuhi kebutuhan dokumen kependudukan seluruh Warga Dairi," ungkap Kadis.

Dia juga mengharapkan seluruh rumah-rumah ibadah di seluruh Kabupaten Dairi dalam menerapkan pelayanan melalui penyerahan akta perkawinan ketika selesai dilakukan pemberkatan nikah oleh pemuka agama atau pendeta.

Apabila ada warga berkeinginan mendapatkan pelayanan ini dapat bertanya ke Dinas Dukcapil Dairi atau ke Kantor Camat terdekat dengan alamat warga untuk menanyakan persyarakatan yang harus dilengkapi. Seluruh pelayanan ini diberikan secara gratis atau cuma-cuma.

"Warga yang bisa memperoleh layanan ini harus berKTP Dairi, baik pengantin laki-laki maupun perempuan atau salah satunya. Apabila keduanya tidak memiliki KTP Dairi, akta perkawinan dapat diperoleh di Dinas Dukcapil dimana yang bersangkutan berdomisili. Saat ini, pelayanan dukcapil dapat diberikan berdasarkan asas domilisi atau tempat tinggal yang dibuktikan dengan KTP atau KK," jelas Deddy.

Pada hari Jumat (13/01) terlihat pejabat fungsional Nurdingse Simbolon sedangkan pada hari Senin (16/01) Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Dinas Dukcapil Hetty Pardede, SH penyerahan akta perkawinan, Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el kepada pengantin baru dihadapan pendeta, orangtua dan undangan yang hadir.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02Hfp3PK3Qu7eLBAyDM6LGgQ2CH2xkP6iLQBRvwSa3PPJMUp4pN...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB