Wujudkan Dairi Unggul, Sosialisasi Tuntas Adminduk Perdana Kunjungi Desa Simanduma Pegagan Hilir

17 Jan 2023     460

Simanduma-Untuk wujudkan visi Dairi Unggul yang menyejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam periode 2019 – 2024, salah satunya targetnya adalah penuntasan cakupkan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) bagi seluruh warga Dairi, perlu dilakukan langkah-langkah, strategi dan terobosan untuk dapat wujudkan visi tersebut.

Pencapaian ini akan sulit diwujudkan tanpa keterlibatan seluruh Pemerintah Desa di Kabupaten Dairi. Kolaborasi dan kerjasama ini harus benar-benar kita implementasikan dalam memberikan pelayanan urusan dokumen adminduk bagi seluruh warga.

Permasalahan-permasalahan seperti ketidaktepatan waktu penyelesaian dokumen, birokrasi yang kaku, adanya diskriminasi, ribet, berbelit-belit yang dapat menimbulkan biaya yang tinggi sehingga juga menimbulkan calo serta geografis Kabupaten Dairi yang berbukit-bukit menjadi faktor-faktor penghambat dalam pelayanan adminduk.

Demikian paparan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam paparannya dihadapan Kades Simanduma Julfri Banjarnahor, SE, Sekdes, perangkat desa dan 6 Kepala Dusun (Kadus) Desa Simanduma, diaula pertemuan Desa Simanduma Kecamatan Pegagan Hilir, Senin (16/01).

Lebih lanjut dia memaparkan bahwa rencana aksi yang harus dilakukan seluruh jajaran Pemerintah Desa Simanduma adalah turun kerumah-rumah warga melakukan pendataan, identifikasi yang belum memiliki dokumen adminduk yang lengkap dan mengumpulkan data-data penduduk seperti akta kelahiran dan akta perkawinan yang lama untuk diregister dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

"Pelayanan door to door perlu kita laksanakan untuk melihat dan mencek kondisi dokumen adminduk yang dimiliki warga. Kita mengharapkan melalui program ini, secara bertahap seluruh warga terpenuhi hak-hak konstitusionalnya karena dokumen kependudukan menjadi salah satu persyaratan dalam segala urusan seperti mendapatkan layanan kesehatan, urusan BPJS, perbankan, mendaftar sekolah dan sebagainya," jelas Deddy Situmorang dengan serius dihadapan seluruh Perangkat Desa Simanduma.

Penggunaan aplikasi perkebbas juga harus terus ditingkatkan untuk mengajukan permohonan dokumen kependudukan warga. Tidak perlu lagi repot ke Dinas Dukcapil mengurus dokumen adminduknya, seluruh dokumen sudah bisa melalui aplikasi. Silakan dokumen yang dikumpul dari warga diajukan melalui aplikasi. Apabila dalam pelaksanaan ditemukan kesulitan, dokumennya dapat dipisahkan dan dikumpulkan yang selanjutnya dapat dikoordinasi di Dinas Dukcapil yang berada di Sidikalang.

Layanan call center dukcapil 081 2323 8 4343 dan 081 2323 8 8383 dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mencek data warga. Silakan seluruh perangkat desa dapat menghubungi nomor tersebut sehingga data-data warga dapat lebih valid. Semua mudah dan praktis untuk membantu seluruh warga kita.

Terakhir, Deddy mengatakan sejak oktober 2022 yang lalu, keaktifan Desa dan keluharan dalam mempergunakan aplikasi perkebbas dan pencapaian tertinggi dalam penuntasan dokumen adminduk telah dikompetisikan. Dimomen hari jadi kabupaten setiap tahunnya akan diserahkan tropi dan piagam penghargaan kepada desa dan keluharan yang berprestasi. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kinerja kita dalam melayani warga dalam program tuntas adminduk.

Sementara itu, Kades Simanduma Julfri Banjarnahor, SE dalam sambutannya mengapresiasi kedatangan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Dukcapil Dairi dalam memberikan pembekalan kepada seluruh perangkatnya dalam memahami pengurusan dokumen adminduk warga.

"Kami sangat bangga dan mengucapkan terimakasih atas kehadiran Dinas Dukcapil di Desa Simanduma yang diharapkan melalui pertemuan ini, kolaborasi Pemerintah Desa Simanduma dengan Dinas Dukcapil dapat diwujudkan. Kami berkeinginan mengembalikan kejayaan Desa Simanduma dalam mendukung seluruh program-program pemerintah terkhusus dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh warga. Kami siap mendukung mewujudkan Dairi Unggul melalui program tuntas adminduk," tutur Julfri Banjarnahor yang sebelumnya bertugas sebagai Sekdes di Desa tersebut.

Setelah paparan, kegiatan sosialisasi dilanjutkan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan foto bersama didepan Kantor Desa Simanduma.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0Rz5sKWrL1TBdUDBa972BGYPcjP9LE4fzfPAoJfYRzSgsxFrhks...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB