Dinas Dukcapil Dairi Rekam dan Cetak KTP-el Penduduk Rentan Adminduk Desa Uruk Mblin Silima Pungga-Pungga

08 Feb 2023     270

Uruk Mblin-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi berhasil merekam dan mencetak KTP-el penduduk rentan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Esbon Hutajulu yang berdomisili di Desa Uruk Mblin Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Selasa (07/02).

Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan bahwa pelayanan jemput bola atau jempol rekam dan KTP-el bagi penduduk rentan adminduk ini dilaksanakan atas permintaan keluarga yang datang ke Dinas Dukcapil di Sidikalang, meminta untuk dilakukan perekaman KTP-el ditempat karena kondisi warga tersebut kurang sehat atau dalam gangguan jiwa.

"KTP-el sangat diperlukan warga tersebut, dimana salah satu persyaratan mendapatkan layanan kesehatan adalah memiliki KTP-el sehingga kami harus turun langsung rekam KTP-el ditempat warga tersebut. Kondisi warga tersebut tidak memungkinkan karena memiliki gangguan kejiwaan atau disebut dengan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)," tutur Kadis.

Dia juga menghimbau dan menginformasi kepada Seluruh Warga Dairi, apabila ada warga yang berkebutuhan khusus seperti ODGJ, penyandang disabilitas, orangtua lanjut usia (lansia) dapat meminta dan menginformasi kepada Dinas Dukcapil Dairi di Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang atau ke petugas Dinas Dukcapil yang berada di seluruh Kecamatan untuk dilakukan pelayanan jemput bola kerumah-rumah warga tersebut. Dimana seluruh pelayanan yang diberikan gratis.

"Melalui program jemput-jemput bola ini, diharapkan secara bertahap seluruh warga Dairi termasuk warga yang berkebutuhan khusus dapat memiliki dokumen adminduk yang diperlukannya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi hak-hak konstitusional sebagai Warga Negara Indonesia. Inilah menjadi program prioritas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam wujudkan Dairi Unggul untuk membahagiakan seluruh warga," sebutnya.

Kegiatan penyerahan KTP-el dan Kartu Keluarga warga rentan adminduk tersebut diserahkan Staf TPDK Kecamatan Silima Pungga-Pungga Yosepina br Tarigan dan Christine br Sitorus didampingi Perangkat Desa Uruk Mblik Alden Siagian kepada warga tersebut.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02YBwfouMUuPP5N2B64svCpka5RCTZcVhjcPYHyidUcDKmCWS5M...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB