Wujudkan Dairi Unggul, Kades Sihorbo Serahkan Secara Langsung Akta Perkawinan Warganya

08 Feb 2023     311

Sihorbo-Kepala Desa Sihorbo Rimso Manalu menyerahkan secara langsung akta perkawinan pengantin baru Joko Sufrianto Sitompul dengan Nengsi Silaban, disela-sela acara adat batak toba, dihadapan para keluarga dan undangan yang hadir di Desa Sihorbo Kecamatan Siempat Nempu, Senin (06/02).

Sebelum akta perkawinan diserahkan, pada pagi hari, kedua mempelai tersebut mendapat pemberkatan kudus dari Pendeta Amosia Sianturi, S,Th di Gereja GKPI Ararat Sihorbo, sebagai syarat yang wajib yang harus dipenuhi untuk mendapatkan akta perkawinan dari Dinas Dukcapil Dairi.

Dalam sambutannya sebelum menyerahkan dokumen adminduk, Kades Sihorbo Rimso Manalu mengatakan program penyerahan akta perkawinan kepada seluruh warga menjadi salah satu Program Desa yang terus dilaksanakan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh warga Desa Sihorbo.

"Sesuai program Pemerintah Kabupaten Dairi yang ditindaklanjuti Pemerintah Desa Sihorbo dalam mewujudkan Dairi Unggul, pelayanan pemerintah terus ditingkatkan melalui penyerahan akta perkawinan kepada pasangan yang berbahagia hari ini, sebagai bukti sah secara hukum sebagai pasangan suami isteri. Oleh karena itu, seluruh layanan ini patut kita syukuri dan diapresiasi karena inilah perubahan pelayanan pemerintah saat ini," kata Rimso Manalu dihadapan kedua pengantin, orangtua dan undangan yang hadir.

Sementara itu dari tempat terpisah, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengapresiasi pelayanan yang diberikan Kades Sihorbo kepada warga dalam memberikan pelayanan jemput bola seperti penyerahan akta perkawinan kepada pengantin baru di gereja maupun diacara adat.

"Pelayanan yang dilakukan Kades Sihorbo patut ditiru seluruh kepala desa se Kabupaten Dairi dalam melayani warganya. Saatnya pelayanan-pelayanan jemput bola atau mendekatkan pelayanan kepada warga terus dilakukan untuk memberikan pelayanan prima," ujar Kadis Dukcapil.

Dia juga mengharapkan agar Kepala Desa dengan seluruh jajarannya untuk lebih peka dan peduli kepada seluruh warganya yang belum lengkap dokumen adminduknya. Apabila masih ada ditemukan, dapat diajukan melalui aplikasi perkebbas atau ditemukan kesulitan dapat berkoordinasi dengan petugas Dinas Dukcapil yang berada di Kantor Camat se – Dairi atau ke Dinas Dukcapil Dairi yang berada di pusat ibukota Kabupaten Dairi di Sidikalang.

"Saat ini pelayanan dukcapil sudah lebih cepat, lebih mudah dan lebih dekat di tengah-tengah masyarakat. Silakan periksa kembali dokumen kependudukannya. Buktikan kerja nyata Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk wujudkan Dairi Unggul dengan kerja cepat dan kerja nyata," tutupnya.

Di lokasi pesta, akta perkawinan diserahkan Kepala Desa Sihorbo Rimso Manalu didampingi beberapa perangkat Desa Sihorbo dan Staf TPDK Kecamatan Siempat Nempu Fitri Sihombing kepada kedua pengantin yang berbahagia dan Kartu Keluarga (KK) kepada orangtua pengantin perempuan.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02acVmUjhRiNhC6diSfFkiitsEfZmY1Pwawd7wVcJjpnErj1Eub...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB