Kadis Dukcapil Dairi Pimpin Rapat Kerja TPDK Se-Dairi

17 Feb 2023     336

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si Pimpin Rapat Kerja Tahun 2023 seluruh staf Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) Se-Kabupaten Dairi, bertempat diruang konsultasi Dinas Dukcapil Dairi, Kamis (16/02).

Hadir dalam rapat tersebut seluruh pejabat eselon III Dinas Dukcapil seperti Sekdis Rayambong Sitohang, ST, MAP, Kabid Dafduk Amudi Naiborhu, S.Sos, Kabid Capil Hendra Imran Purba, SH, Plt. Kabid PIAK Indra Simanjuntak, pejabat fungsional Eliana Siagian, SH, MM dan staf TPDK dari 15 Kecamatan.

Dalam arahannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menyampaikan bahwa pertemuan hari ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut pertemuan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Manado Provinsi Sulawesi Utara dan Rapat Evaluasi Kinerja OPD Tahun 2023 yang dilaksanakan pada hari Senin (13/02) yang langsung dipimpin Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

"Target Dinas Dukcapil Dairi dalam mendukung Visi, Dairi Unggul yang menyejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman, khusus dalam misi ke empat yakni merealisasikan dengan komitmen tinggi prinsip penyelenggaraan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik) dan clean government (pemerintahan yang bersih) dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan daerah, dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu adalah meningkatnya pelayanan dan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan (adminduk)," tutur Kadis.

Untuk dapat mewujudkan Dairi Unggul, target yang harus dicapai adalah peningkatan kualitas pelayanan dan cakupan kepemilikan dokumen adminduk seluruh warga. Berbagai upaya harus dilaksanakan seperti pelayanan jemput-jemput bola ke sekolah-sekolah untuk rekam KTP-el, penyerahan akta perkawinan ke gereje-gereja, program penggunaan aplikasi perkebbas diseluruh Desa, Kelurahan, Puskemas, RSUD, KUA, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, rekam KTP-el bagi penduduk rentan dan lainnya.

Dia juga menyebutkan bahwa target lain yang harus dicapai adalah nilai evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik Kemenpanrb tahun 2023 dengan indeks Minimal sebesar 4,01 atau predikat A- (A minus). Aplikasi perkebbas dapat ikut dalam lomba inovasi sinovik dari Kemenpanrb dan IGA di Kemendagri. Penilaian ombudsman terhadap penyelenggaraan pelayanan publik tetap diatas rata-rata nilai 90 atau zona hijau.

"Kita harus sama-sama bekerja dan bekerjasama untuk dapat mencapai target-target tersebut. Jumlah target kinerja cakupan kepemilikan dokumen kependudukan seperti kepemilikan KTP-el, akta lahir 0-18 tahun, akta perkawinan, Kartu Identitas Anak (KIA) yang tercantum dalam dokumen RPJMD Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024 termasuk target nasional harus dapat kita wujudkan," tuturnya dengan tegas kepada seluruh jajarannya yang bertugas diseluruh Kecamatan se-Dairi.

Dalam kesempatan tersebut, Deddy Situmorang juga menyampaikan tujuh arahan Menteri Dalam Negeri dalam Rakornas Dukcapil se-Indonesia yang dilaksanakan 08-10 Februari 2023 yang lalu di Manado seperti pembenahanan sistem pelayanan, memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan dukcapil, data ducapil dapat dipergunakan untuk merencanakan program pemerintah, membuat sistem yang transparan, meningkatkan kualitas SDM, menciptakan budaya kerja yang kompetitif dengan menerapkan reward and punishment, menghilangkan paradigma lama “kali bisa dipersulit kenapa dipermudah” untuk mewujudkan pelayanan yang membahagiakan masyarakat.

Setelah arahan dan paparan Kadis Dukcapil Dairi, acara dilanjutkan dengan diskusi terkait permasalahan-permasalahan dalam pengurusan dokumen adminduk di beberapa TPDK dan diakhiri dengan doa penutup dan makan siang bersama.


Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0eQnBHZaDk7fChmHVSTXeFhYzxXBq25kFFfMsibD71ifa1mJqQJ...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!