Serempak, Dua Kepala KUA Dairi Serahkan Dokumen Adminduk Kepada Tiga Pasang Mempelai

07 Feb 2023     255

Dairi-Dua Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Kepala KUA Kecamatan Sidikalang Abdul Yajid Lingga, S.Ag, MM dan Kepala KUA Kecamatan Berampu Azan Sagala,S.Ag.MM memandu pelaksanaan akad nikah tiga pasang pengantin baru, dimana selesai akad nikah, diserahkan Buku Nikah dan dokumen administrasi kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) kepada pasangan mempelai tersebut, Minggu (05/02).

Dua pasang mempelai yang melangsungkan akad nikah di Kecamatan Sidikalang adalah pasangan Nurmanto dan Desy Tumangger, akad nikah bertempat di Masjid Jl. Tigalingga Km 2, Desa Kalang Kecamatan Sidikalang, dan pasangan Mulyadi dan Ayu Sundari Ratulangi, akad nikah di Kuta Padang, Kelurahan Sidiangkat.

Sedangkan pasangan yang melangsungkan akad nikah di Kecamatan Berampu adalah pasangan Anwar Fuad Padang dengan Rabiatul adawiah Matanari, bertempat di Desa Karing.

Kepala KUA Kecamatan Sidikalang Abdul Yajid Lingga, S.Ag, MM dalam sambutannya dihadapan keluarga yang hadir menyampaikan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Dairi melalui Kantor Urusan Agama (KUA) se-Dairi telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Dukcapil Dairi, dimana selesai akad nikah akan diserahkan Buku Nikah sekaligus dokumen administrasi kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) kepada kedua mempelai, termasuk Kartu Keluarga (KK) kedua orangtua.

"Di masa Pemerintahan Bupati Dairi saat ini, pelayanan pemerintah sudah terintegrasi dan terpadu, selesai akad nikah, terima Buku Nikah, kami serahkan juga Kartu Keluarga (KK). Inilah bukti nyata pelayanan pemerintah daerah saat ini. Pelayanan ini patut kita apresiasi dan sampaikan terimakasih. Tidak perlu lagi repot mengurus dokumen kependudukan ke Dinas Dukcapil, melalui Kantor Urusan Agama, Kartu Keluarga dan KTP-el langsung diserahkan,"tutur Abdul Yajid Lingga.

Untuk pelayanan ini, kami telah mempergunakan layanan perkebbas. Perkebbas adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang dikembangkan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan urusan dokumen kependudukan. Tidak perlu lagi kami mengantar seluruh persyaratan yang diperlukan, cukup mengajukan melalui aplikasi, tunggu dan Kartu Keluarganya dapat dicetak. Sedangkan KTP-elnya dapat dijemput di Dinas Dukcapil.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas kerjasama yang terus dilakukan KUA se – Dairi dalam memberikan pelayanan prima dan berkualitas kepada seluruh warga terkhusus bagi warga yang melangsungkan akad nikah.

"Pelayanan-pelayanan jemput bola atau pelayanan yang langsung hadir ditengah-tengah masyarakat menjadi pelayanan favorit seluruh warga. Warga tidak perlu lagi sulit mengurus dokumen adminduknya ke Dinas Dukcapil, akan tetapi Pemerintah langsung hadir memberikan pelayanan kepada warganya pada saat terjadi peristiwa-peristiwa penting seperti acara pernikahan," ungkap Deddy Situmorang.

Inilah kerja-kerja nyata dan perubahan pelayanan publik yang terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Dairi Unggul yang menyejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02YybJx9Z5HHtFAH6YU2MC5HSPUyK633ifP3M72ghfuzHwXb6nL...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB