Desa Juma Siulok Serahkan Dokumen Adminduk kepada Pengantin Baru

25 Mar 2023     214

Juma Siulok-Kepala Desa Juma Siulok yang diwakili perangkat desanya bersama staf Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) Kecamatan Siempat Nempu Fitri Sihombing menyerahkan akta perkawinan secara langsung kepada pasangan pengantin baru Himen Trigen Berutu dengan Rosmelati Simanullang, menikah di Gereja HKBP Sinta Nauli Resort Adian Nangka, Kecamatan Siempat Nempu, Kamis (16/03).

Sebelum mendapatkan akta perkawinan, kedua pasangan tersebut mendapat pemberkatan kudus dari pendeta Rustam A. Tambunan, M.Div yang disaksikan kedua orangtua kedua belah pihak, keluarga, jemaat dan undangan di gereja tersebut.

Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan pada hari ini dilaksanakan pemberian akta perkawinan kepada pengantin baru yang melangsungkan pernikahan di Gereja HKBP Sinta Nauli Resort Adian Nangka. Dokumen yang diserahkan dalam kesempatan tersebut selain akta perkawinan, diserahkan juga Kartu Keluarga (KK) pengantin baru dan Kartu Keluarga (KK) kedua orangtua pengantin.

"Untuk mendekatkan pelayanan kepada warganya, Pemerintah Desa Juma Siulok melakukan pelayanan jemput bola kepada warganya melalui penyerahan dokumen adminduk secara langsung, ketika terjadi peristiwa-peristiwa penting seperti acara kemalangan. Inilah wujud salah satu dukungan dukungan Pemerintah Desa dalam wujudkan Dairi Unggul," tutur Kadis.

Dia juga mengatakan bahwa untuk percepatan pelayanan ini, seluruh Desa dan Kelurahan se-Dairi telah mempergunakan layanan perkebbas. Perkebbas adalah singkatan dari pelayanan administrasi kependudukan berbasis online yang dikembangkan sebagai media atau sarana mengajukan permohonan dokumen adminduk dan hasilnya dapat langsung dicetak di Desa atau Kelurahan.

Tidak perlu lagi perangkat desa menjemput dokumen adminduk di Dinas Dukcapil Dairi yang beada di sidikalang, cukup ajukan permohonan melalui aplikasi perkebbas.

"Untuk rekam, cetak KTP dan KIA masih harus dilakukan di Dinas Dukcapil Dairi atau di Kantor Kecamatan terdekat karena pelayanan tersebut masih membutuhkan sarana dan prasarana yang sangat mahal sehingga pelayanan tersebut masih dikelola langsung Dinas Dukcapil," ungkapnya.

Deddy juga berharap agar seluruh masyarakat untuk memeriksa dokumen adminduknya, apabila belum lengkap dapat mengurus kembali ke Kantor-Kantor Desa/Kelurahan atau Kantor Camat terdekat dan ke Dinas Dukcapil Dairi.

Inilah program Dairi Gerak Cepat dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, tuntas dokumen adminduk warga.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02FSDYHmKZ1TfBsVFdKZw3UrCpVgmRtpFgYx4SCDsEGjjfGeAfr...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB