Dinas Dukcapil Dairi Berikan Layanan Rekam KTP-el Bagi Pemula Di SMA Negeri 1 Silima Pungga-Pungga

25 Mar 2023     352

Parongil-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan pelayanan rekam KTP-el bagi pemula di sekolah SMA Negeri 1 Silima Pungga-Pungga, Selasa (14/03).
Pelayanan ini dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menyelesaikan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi seluruh Warga Dairi khususnya bagi usia wajib KTP atau yang berumur 17 tahun.

"Setiap warga yang telah berusia 17 tahun sudah masuk dalam usia wajib KTP-el sehingga perlu dilaksanakan rekam biometrik terhadap warga tersebut. Oleh karena usia 17 tahun secara umum berada di sekolah-sekolah menengah atas, sehingga Dinas Dukcapil Dairi melaksanakan program pelayanan jemput bola, rekam KTP-el bagi para pelajar diseluruh sekolah SMA/SMK sederajat se-DairI,"ujar Kadis Dukcapil yang ditemui diruang kerjanya disela-sela waktunya melayani warga yang berdiskusi dengannya.

Program Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Dairi Unggul khususnya dalam menuntaskan capaian kepemilikan dokumen kependudukan seluruh penduduk. Program tersebut telah ditetapkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024.

"Secara bertahap dan sesuai jadwal kami mengunjungi sekolah-sekolah SMA/SMK sederajat bagi negeri maupun swasta. Terlebih dahulu secara administrasi kami menyurati sekolah untuk meminta pelaksanaan pelayanan di sekolah tersebut dan menyesuaikan waktu sekolah untuk turun memberikan pelayanan jemput bola,"ungkapnya.

Kadis berharap agar sekolah yang belum dikunjungi Dinas Dukcapil untuk dapat menghubungi call center Dukcapil Dairi dengan nomor kontak 081 2323 8 8383 dan 081 2323 8 3434.

"Diharapkan melalui program Dairi Gerak Cepat ini, seluruh warga memiliki KTP-el sebagai identitas diri yang dapat dipergunakan dalam berbagai urusan, dimana saat ini identitas menjadi hal yang sangat penting dan vital sehingga harus dimiliki setiap orang,"jelas Deddy.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Silima Pungga-Pungga Bontor Martua, S.Pd mengaku senang dan puas atas pelayanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Dairi di sekolahnya sehingga tidak merepotkan anak-anak rekam KTP-el ke Dinas Dukcapil atau ke Kantor Camat.

"Kami sangat salut pelayanan yang dilaksanakan hari ini, pelayanan jemput bola atau langsung hadir kesekolah-sekolah memberikan pelayanan untuk kepemilikan KTP-el. Kami sangat mengapresiasi karena secara konsisten setiap tahun turun ke sekolah kami. Semoga pelayanan ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warganya," ujar Bontor Martua kepada petugas yang memberikan pelayanan.

Terlihat Plt. Kabid PIAK Indra Simanjuntak, S.Kom, Pejabat Fungsional Eliana Siagian, SH, MM dan staf Arwadi Simanullang, dan Yosephina Tarigan didampingi Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Silima Pungga-Pungga Bontor Martua, S.Pd dan beberapa guru sekolah memberikan pelayanan kepada anak-anak didik tersebut.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02YqRkncpt5A6CjS1M7HEASCpn9FqJSTeFLMurRonAVZHyUYR4D...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB