Pelayanan Rekam KTP-el Bagi Pemula Hadir Di SMA Negeri 1 Siempat Nempu Hilir

13 Mar 2023     374

Janji-Pelayanan rekam KTP-el bagi pemula dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi hadir mengunjungi Sekolah SMA Negeri 1 Siempat Nempu Hilir. Sebanyak 96 pelajar berhasil rekam biometrik dan 14 pelajar untuk pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA), Senin (13/03).

Pelayanan tesebut dilaksanakan bagi para pelajar yang telah berusia 17 tahun keatas yang merupakan usia wajib KTP.

"Usia wajib KTP-el adalah 17 tahun. Akan tetapi, untuk percepatan kepemilikan KTP-el, Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri telah memperolehkan melakukan rekam biometrik terhadap anak-anak yang berusia 16 tahun, hanya KTP-el tersebut tidak dapat langsung dicetak karena harus menunggu usia 17 tahun," jelas Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si.

Dalam pengurusan KTP-el harus dilakukan rekam biometrik seperti pengambilan iris mata, sidik jari, foto dan tanda tangan. Kegiatan ini dilaksanakan secara online atau terkoneksi dengan jaringan khusus atau dikenal dengan Virtual Privat Network (VPN).

Kegiatan rekam KTP-el kesekolah-sekolah melalui program pelayanan jemput bola dilakukan secara kontinu untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh warga.

"Diharapkan melalui pelayanan ini, seluruh warga Dairi memiliki identitas diri berupa kepemilikan KTP-el karena inilah salah satu komitmen Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Visinya, Dairi Unggul yang menyejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman. Visi dan misi tersebut telah ditetapkan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Dairi Tahun 2019 – 2024 yang harus dilaksanakan seluruh instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi,"tutur Deddy.

Dari lokasi pelayanan rekam KTP-el, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Siempat Nempu Hilir Herrisson Samosir, S.Pd mengucapkan terimakasih atas kunjungan pelayanan Dinas Dukcapil Dairi yang memberikan pelayanan rekam KTP-el bagi anak-anak didiknya.

"Melalui pelayanan ini, masyarakat dalam hal ini siswa -siswi kami sangat terbantu dalam pengurusan KTP-el. Tidak perlu lagi repot ke Kantor Camat atau Ke Dinas Dukcapil Dairi untuk rekam Biometrik, akan tetapi pelayanan langsung hadir ke sekolah ini. Kami sangat apresiasi atas pelayanan ini. Semoga pelayanan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya," sebut Herrisson Samosir, S.Pd.

Kegiatan rekam KTP-el tersebut dilaksanakan pejabat fungsional Dinas Dukcapil Asti Siadari, SE, MM, Remon Nababan, Steve Morleon Tambunan dan TPDK Kecamatan Maharlim Simamora.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0KizWG8uofvZsYrMTkvqih4GPVWcJxAGrxdDUQGf8ihjRyf8w2K...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB