Dinas Dukcapil Dairi Gelar Rapat Kerja dan Evaluasi Akhir Triwulan Pertama 2023

25 Mar 2023     471

Sidikalang-Untuk mendukung terwujudnya visi misi Dairi Unggul yang menyejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu khususnya dalam mencapai target meningkatnya pelayanan dan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan, dimana telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi harus melakukan berbagai langkah-langkah, strategi dan terobosan serta inovasi untuk dapat mewujudkannya.

Demikian disampaikan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dihadapan seluruh jajarannya dengan penuh semangat dalam rapat kerja dan evaluasi Dinas Dukcapil Dairi akhir triwulan pertama tahun 2023, diruang rapat Dinas Dukcapil Dairi, di Jalan Pandu Kelurahan Bintang Hulu Kecamatan Sidikalang, Jumat (24/03).

Pejabat yang hadir dalam rapat tersebut Sekdis Rayambong S Sitohang, ST, MAP, Kabid PDIP Hetty Nuriaty Pardede, SH, Pejabat Fungsional, staf Dinas dan TPDK Kecamatan se-Dairi.

"Secara umum, berdasarkan laporan bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), rekapitulasi capaian kepemilikan dokumen adminduk kondisi sampai dengan 15 Maret adalah perekaman KTP-el target 226.545 tercapai 220.648 orang atau 97,40%. Kartu Identitas Anak (KIA) dari target 102.100 orang tercapai 48.623 orang atau 47,6%," tutur Kadis.

Lebih lanjut dia juga mengatakan kepemilikan akta lahir dari target 105.721 orang, tercapai 105.222 orang atasu 99,5%. Sedangkan akta perkawinan dari target 127.701 orang, tercapai hanya 47.092 orang atau 37%.

"Kita harus lebih bekerja keras lagi dalam mencapai target, tuntas adminduk 100 persen sampai akhir periode RPJMD atau tahun 2024. Pelayanan rekam KTP-el bagi pemula kesekolah-sekolah SMA/SMK sederajat terus dilakukan. Program tuntas akta lahir dan KIA di PAUD, TK, SD dan SMP bagi anak-anak didik terus dikoordinasikan dengan kepala sekolah sesuai kerjasama Dinas Dukcapil dengan Dinas Pendidikan,"jelasnya dengan tegas.

Penggunaan aplikasi perkebbas atau pelayanan administrasi kependudukan berbasis online di seluruh Desa dan Kelurahan se – Dairi benar-benar berjalan 100 persen. Anak-anak yang lahir di Puskesmas se-Dairi, dipastikan berjalan program pasca melahirkan peroleh dokumen adminduk berupa akta lahir anak, KIA dan Kartu Keluarga.

Diharapkan seluruh staf TPDK se-Dairi untuk memperbanyak kegiatan di luar kantor untuk menjalin koordinasi dengan berbagai pihak yang berada di wilayah kerjanya seperti Kepala Desa/Lurah, Kepala Sekolah PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan Kepala Puskesmas agar target capaian cakupan kepemilikan dokumen adminduk dapat kta kejar lagi.

"Untuk memotivasi dan memacu kinerja seluruh Staf TPDK kecamatan se-Dairi, setiap tahun akan dilakukan pemberian penghargaan terhadap staf TPDK Kecamatan yang berprestasi dalam mencapai target. Kondisi saat ini, kita tidak boleh lagi pasif atau menunggu di kantor, tapi lakukan pelayanan jemput-jemput bola ke instansi-instasi yang menjadi pusat berkumpulnya masyarakat," imbuh Deddy.

Sementara itu, salah seorang staf TPDK Kecamatan Sitinjo Tonny Simamora bermohon agar peralatan rekam KTP-el di Kantor Camat Sitinjo dapat segera dilengkapi untuk memaksimalkan pelayanan KTP-el terhadap warga.

"Akhir-akhir ini, permintaan warga terhadap rekam KTP-el di Kantor Camat Sitinjo ini mengalami peningkatan. Selain itu, alat cetak KTP-el juga diperlukan untuk mendekatkan pelayanan ditengah-tengah masyarakat. Inilah harapan kami untuk kiranya dapat ditampung dalam anggaran," sebut Tonny.

Dalam pertemuan tersebut dirangkaikan juga acara pelepasan bagi tiga orang pegawai Dinas Dukcapil Dairi yang memasuki masa purna bakti atau pensiun yakni Mangaranto Situngkir, Pida Nainggolan dan Marlinawati Saragih.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02Db5hkwveH8ifQPteeNwtwDvydotqWHh2qiFrkz2cy5iBAcRoB...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB