Dinas Dukcapil Dairi Serempak Berikan Layanan Jemput Bola di Dua SMA Negeri

09 Mar 2023     226

Dairi-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan kegiatan pelayanan jemput bola (Jempol) rekam KTP-el bagi pemula di Sekolah SMA Negeri 2 Sidikalang dan penyerahan 61 KTP-el bagi pelajar milik SMA Negeri 1 Siempat Nempu, Kamis (09/03).

Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam keterangan mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya percepatan penuntasan kepemilikan identitas seluruh warga khususnya kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

"Untuk memiliki KTP-el, setiap Warga Negara yang telah berusia 17 tahun harus rekam biometrik seperti pengambilan iris mata, sidik jari, foto dan tanda tangan. Secara umum Warga Negara yang berusia 17 tahun berada di sekolah menengah tingkat atas, sehingga kami melaksanakan pelayanan jemput bola ke sekolah-sekolah SMA/SMK sederajat se – Dairi secara bertahap," jelas Kadis Dukcapil Dairi.

Kadis juga menjelaskan bahwa untuk percepatan kepemilikan KTP-el, bagi siswa siswi yang berusia 16 tahun juga mendapat layanan rekam KTP-el. Layanan ini disebut rekam bagi pra KTP-el pemula, dimana anak tersebut berusia 17 tahun, KTP-el langsung dapat diterima, tidak perlu lagi direkam ulang.

"Hari ini, di Sekolah SMA Negeri 2 Sidikalang, sebanyak 202 siswa mendapat layanan dari Dinas Dukcapil Dairi, dimana 131 rekam KTP-el dan 71 rekam Kartu Identitas Anak (KIA). Pada waktu bersamaan, dicetak langsung KTP-el sebanyak 47 keping dan langsung diserahkan kepada pelajar tersebut. Sedangkan 84 siswa lain, masuk dalam kategori Belum Cukup Umur (BCU) atau belum cukup umurnya 17 tahun," tutur Deddy.

Deddy juga menyampakan bahwa selain pelayanan di SMA Negeri 2 Sidikalang, dilaksanakan juga penyerahan 61 keping KTP-el kepada siswa siswi SMA Negeri 1 Siempat Nempu.

"Secara bersamaan, dilakukan juga penyerahan KTP-el sebanyak 61 keping dan 49 Keping KIA kepada pelajar SMA Negeri 1 Siempat Nempu, dimana sebelumnya telah dilaksanakan rekam KTP dan KIA disekolah tersebut. Diupayakan secepatnya hasilnya langsung diserahkan agar pelayanan yang diberikan benar-benar dirasakan sehingga perwujudan Dairi Unggul dibawah kepemimpinan Bupati dari nyata dan terbukti," ungkap Deddy Situmorang dari ruang kerjanya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Sidikalang Drs. Budiman Tambunan yang diwakili Hendrik Siregar mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan pelayanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Dukcapil Dairi ke sekolah sehingga para pelajarnya tidak perlu lagi datang ke Kantor Dinas Dukcapil.

"Kami sangat mengapresiasi kedatangan Pemerintah dalam memberikan pelayanan rekam KTP-el dan KIA. Seluruh siswa yang telah masuk dalam wajib KTP dapat direkam dan pelayanan KIA juga diberikan. Inilah pelayanan jemput bola yang prima diberikan Pemerintah Kabupaten Dairi kepada warganya. Semoga program ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya disekolah kami ini," sebut Hendri Siregar.

Hadir petugas Dinas Dukcapil Dairi yang memberikan pelayanan di SMA Negeri 2 Sidikalang, Plt. Kabid PIAK Indra Simanjuntak, S.Kom., Pejabat Fungsional Asti Siadari, SE, MM, Suriaman Kaloko, Morleon Steve Tambunan. Sedangkan di SMA Negeri 1 Siempat Nempu diserahkan petugas TPDK Siempat Nempu Fitri Sihombing.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0mWjNYTvVaubReYU336L4FPm1GKE6rTkSXo3n2YjYH6aQ16LFtr...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB