Pasca Ibu Bersalin, RSUD Sidikalang dan Puskesmas Bakal Gajah Serahkan Dokumen Adminduk

28 Mar 2023     333

Dairi-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bakal Gajah Kecamatan Silima Pungga-Pungga menyerahkan akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara langsung kepada dua keluarga pasca bersalin di dua lokasi pelayanan kesehatan tersebut.

Penyerahan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) tersebut berhasil diserahkan atas penggunaan layanan aplikasi perkebbas, dimana seluruh persyaratan yang diperlukan dalam memperoleh dokumen kependudukan dilengkapi, selanjutnya diunggah ke aplikasi perkebbas tersebut. Tim pengelola perkebbas yang bekerja di Dinas Dukcapil Dairi akan memeriksa permohonan tersebut, apabila dinyatakan lengkap akan diproses dan diterbitkan akta lahir, Kartu Keluarga (KK) dan KIA nya sekaligus.

Demikian penjelasan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si yang ditemui diruang kerjanya di Jalan Pandu Kelurahan Bintang Hulu Kecamatan Sidikalang, Selasa (28/03).

"Perkebbas adalah singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang telah diluncurkan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu pada 1 Oktober 2020, untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan ditengah-tengah masyarakat. Banyak instansi telah mempergunakan perkebbas termasuk RSUD sidikalang dan 18 Puskesmas se-Dairi. Ibu-ibu yang bersalin ditempat kesehatan tersebut akan mendapat layanan tersebut," ungkap Kadis.

Kolaborasi layanan ini telah berjalan sejak akhir tahun 2020 yang lalu, Dinas Dukcapil Dairi bersama Dinas Kesehatan Dairi, RSUD Sidikalang dan 18 Puskesmas se-Dairi telah menandatangani kerjasama untuk memberikan percepatan penerbitan dokumen kependudukan bagi ibu-ibu yang bersalin dipusat-pusat kesehatan di seluruh Kabupaten Dairi.

Inilah upaya dan perubahan pelayanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kepada seluruh warganya khususnya dalam melengkapi dan memenuhi kebutuhan akan dokumen kependudukan.

"Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari group perkebbas RSUD dan Puskesmas, hari ini dilaksanakan penyerahan dokumen adminduk di Puskesmas Bakal Gajah bagi keluarga Nopenra Silaban dengan Yuni Lestari Simanullang yang bertempat tinggal di Desa Lae Panginuman. Sedangkan di RSUD Sidikalang terhadap keluarga Sujito Silaban dengan Betty Manalu yang domisili di Jalan Cipta Kelurahan Huta Rakyat Kecamatan Sidikalang,"tuturnya.

Deddy mengapresiasi kinerja Direktur RSUD Sidikalang dr. Pesalmen Saragih bersama Stafnya Sahat Marulitua Sibarani dan Kepala Puskesmas Bakal Gajah dr. Dewi Sihaloho bersama stafnya Rotua Febriyanti Pasaribu konsisten memberikan pelayanan prima kepada masyarakat terkhusus memberikan pelayanan penyerahan dokumen kependudukan.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02Kvo2qWKKJ7HXbCgjGro9p2W2KA5g2HafJWjPP9myQJ6smpwsF...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB