Kunjungan Kerja di Parbuluan VI, Bupati Dairi Bagikan Dokumen Adminduk Warga

02 Feb 2024     129

Parbuluan VI-Rangkaian kunjungan kerja (Kunker) di Desa Parbuluan VI, Kecamatan Parbuluan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu membagikan Dokumen Administrasi Kependudukan kepada warga Desa Parbuluan VI, Kamis (01/02).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua TP PKK Dairi Ny. Romy Simarmata Eddy Berutu, Kadis Pertanian Robot Manullang, Kadis Sosial Agel Siregar, Kadis Pemdes Simon Tonny Malau, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.SI, Kadis PUTR Masaraya Berutu, Ka. BPBD Hotmaida Butarbutar, Ka. Bapenda Fatimah Boang Manalu, Camat Parbuluan Landong Napitu, Kepala Desa Parbuluan VI Parasian Nadeak, seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Parbuluan, seluruh Perangkat Desa Parbuluan VI.

"Saya sangat bangga bisa hadir di Desa Parbuluan VI yang merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Parbuluan. Kehadiran saya adalah untuk bertemu langsung dengan seluruh warga, melihat dan mendengarkan seluruh aspirasi atau kebutuhan yang diperlukan warga,"ujar Bupati Dairi dalam arahannya dihadapan ratusan warga Desa Parbuluan VI dan sekitarnya yang hadir dalam pertemuan kunker tersebut.

Berbagai perbaikan infrastruktur seperti jalan akan diaspal secara bertahap untuk kelancaran transportasi warga dalam mengangkut hasil-hasil pertanian dan keperluan lainnya.

Lebih lanjut, Eddy Berutu juga mengatakan kehadirannya di Desa Parbuluan VI juga menghadirkan pelayanan urusan dokumen adminduk bagi seluruh warga dari Dinas Dukcapil Dairi dan juga pelayanan pemeriksaan kesehatan dari UPT. Puskesmas Sigalingging.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan instansi hadirkan pelayanan adminduk secara lengkap seperti rekam dan cetak KTP-el, pengurusan akta lahir, akta nikah, akta kematian, penerbitan Kartu Keluarga (KK) baru maupun perubahan, SKPWNI dan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Layanan Dokumen adminduk saat ini hadir di Desa Parbuluan VI, diharapkan seluruh warga dapat memanfaatkan layanan yang hadir langsung di Desa ini. Warga tidak perlu repot lagi mengurusnya ke Dinas Dukcapil Dairi yang berada di sidikalang atau ke Kantor Camat Parbuluan. Inilah pelayanan hadir ditengah-tengah masyarakat,"ujar Deddy.

Ia juga menjelaskan bahwa layanan adminduk telah hadir juga di desa ini dengan mempergunakan layanan perkebbas. Operator desa dapat menerima permohonan warga, yang selanjutnya permohonan tersebut tidak perlu diantar ke Kantor Camat atau Dinas Dukcapil, cukup diajukan melalui aplikasi perkebbas. Seluruh permohonan dapat dimasukan melalui aplikasi dan hasilnya dapat langsung dicetak di Kantor Desa secara mandiri.

"Layanan perkebbas menjadi salah inovasi andalan Pemerintah Kabupaten Dairi yang telah diluncurkan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mendekatkan layanan adminduk di tengah-tengah masyarakat. Perkebbas telah banyak dipergunakan berbagai instansinya, salah satunya Desa Parbuluan VI. Diharapkan Kepala Desa bersama jajarannya untuk mendukung program ini untuk membantu warga dalam urusan dokumen adminduk,"ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Simarmata Eddy Berutu didamping Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si menyerahkan secara simbolis dokumen adminduk kepada warga Parbuluan VI seperti Kartu Keluarga (KK) kepada Jekson Sinaga, Akta Kelahiran kepada Betharia panjaitan dan Oktovian Yosua Manurung, Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Efrem Sihotang, dan Akta perkawinan kepada pasangan suami isteri Frans Richard Manurung dan Feriana lasmaria br Sagala.

Hasil pelayanan yang digelar di Desa Parbuluan VI, 17 Kartu Keluarga (KK), 4 KTP-el, 1 KIA 11 Akta lahir, 3 akta kawin, 1 akta kematian, 1 SKPWNI dan 2 rekam KTP-el.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02pXemq8iHxUSHhLtCbHggQUenW8FYFdwHWq4PnWD8ja1trgu66...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB