Bupati Kunker di Tigalingga, Lima Sekolah Tuntas KIA

26 Mar 2024     115

Tigalingga-Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan lawatan kerja) di Kecamatan Tigalingga. Dalam Kunjungan Kerjanya (Kunker) Bupati Dairi membagikan 508 Kartu Identitas Anak (KIA) dari 5 Sekolah di Aula Kantor Camat Tigalingga, Senin (25/03).

Dalam arahannya, Bupati Dairi mengatakan kehadirannya untuk bertemu langsung dengan seluruh masyarakat tigalingga menyampaikan berbagai hal terkait dengan keberhasilan pembangunan yang telah dilakukan kurun waktu lima tahun terakhir ini.

"Banyak pembangunan telah terlaksanakan di Kecamatan Tigalingga, seperti perbaikan jalanan, pembangunan air bersih, rehabilitasi bangunan sekolah, irigasi dan pembenahan pelayanan publik seperti layanan kesehatan, layanan urusan dokumen kependudukan,"urainya.

Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) sudah semakin baik dengan hadirnya pelayanan langsung di Kantor Camat ini untuk melayani seluruh warga dalam pengurusan rekam dan cetak KTP-el, Kartu Keluarga (KK), surat keterangan pindah (SKPWNI) akta kelahiran, akta perkawinan sampai penerbitan akta kematian. Seluruh dokumen dapat langsung diterbitkan disini.

"Tidak perlu lagi masyarakat datang ke sidikalang hanya untuk mengurus dokumen adminduk. Pelayanan dokumen adminduk hadir secara lengkap disini. Inilah perubahan pelayanan publik sudah semakin dirasakan masyarakat. Oleh karena itu, mari seluruh warga melengkapi dokumen adminduk yang belum lengkap untuk memenuhi hak-hak konstitusionalnya,"tutur Eddy Berutu kepada seluruh warga tiga lingga yang hadir, Kepala Desa dan perangkat se-Tigalingga, Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA se-Tigalingga.

Sementara itu dari tempat yang sama, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si menuturkan kehadirannya untuk melaksanakan pelayanan dokumen adminduk bagi Warga Tigalingga mendukung pelaksanaan kunkernya Bupati Dairi.

"Kami terus meningkatkan pelayanan melalui penguatan pelayanan diseluruh kecamatan, melaksanakan pelayanan jemput-jemput bola dan menyediakan pelayanan adminduk secara daring atau online. Inilah wujud Dairi Unggul dalam program Dairi Gerak Cepat dalam kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu”, unggapnya.

Ia berharap dengan hadirnya pelayanannya, masyarakat semakin dimudahkan untuk memiliki dokumen adminduk yang nantinya dalam dipergunakan dalam berbagai urusan seperti mendapatkan layanan kesehatan, pendidikan, BPJS, perbankan dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi didampingi Kadis Dukcapil Dairi menyerahkan secara simbolis kepada para peserta didik SMP Negeri 1 Tigalingga dan SD Negeri 17 Tigalingga. Dilanjutkan penyerahkan KIA kepada lima Kepala Sekolah yang tuntas seperti SMP Negeri 1 Tigalingga sebanyak 270 keping, SD Negeri 030307 sebanyak 40 keping, SD Negeri 17 Tigalingga sebanyak 97 keping, SD Negeri 030308 Tigalingga sebanyak 76 keping dan SD Negeri 030310 Tigalingga sebanyak 31 keping.

Turut hadir mendampingi kunker Bupati Dairi, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kadis PMD Simon Tonny Malau, S.Kom, MAP, Kadis Sosial Agel Siregar, Ka. BPBD Hotmaida Butar-Butar. Terlihat juga hadir dalam pertermuan tersebut, Camat Tigalingga Saut Marganda Sinaga, seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Tigalingga, Kepala Sekolah dan Guru-guru SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Tigalingga.

Hasil dari pelayanan yang dilakukan diperoleh dokumen adminduk yang diproses yakni 17 Kartu Keluarga (KK), 13 KTP-el, 12 Kartu Identitas Anak (KIA), 8 Akta lahir, 3 Akta Kawin, 1 SKPWNI, dan 30 orang aktivasi IKD (Identitas Kependudukan Digital).

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://www.facebook.com/share/p/HsdyAoEo4NtcFzC3/?mibextid=oFDknk?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB