Bupati Kunker di Sumbul, Dinas Dukcapil Berikan Pelayanan Adminduk

18 Apr 2024     60

Pegagan Julu I-Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu pasca libur cuti bersama kembali melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Sumbul. Lokasi kunker dipusatkan di halaman depan Kantor Camat Sumbul, Kelurahan Pegagan Julu I, Selasa (16/04).

Hadir dalam kegiatan kunker tersebut, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kadis Kesehatan Dr. dr. Henry Manik, M.Kes, Kadis Sosial Agel Siregar, Ketua TP PKK Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Camat Sumbul Jaspin Sihombing, Seluruh Kepala Desa dan perangkat Desa Se-Sumbul, Kepala Sekolah SD, SMP se-Sumbul, dan Lansia.

Dalam arahannya, Bupati Dairi mengatakan hari pertama setelah cuti bersama, dilakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sumbul untuk bertemu dengan seluruh warga Kecamatan Sumbul sekaligus melakukan evaluasi terhadap kerja-kerja yang telah dilakukan pemerintah dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

"Kunker ini dilakukan untuk melihat berapa jauh gap antara harapan masyarakat dengan capaian yang telah dilakukan pemerintah selama ini. Selanjutnya kekurangannya akan dilanjutkan pada masa yang akan datang. Inilah perlunya pembangunan yang berkelanjutan,"tutur Bupati.

Ia juga menuturkan bahwa ketika melakukan blusukan ke kecamatan sumbul, banyak keluhan dan permasalahan atas pelayanan pemerintah selama ini yang kurang baik. Seperti pelayanan pengurusan dokumen adminduk yang harus mengurusnya Dinas Dukcapil, keterbatasan blangko, warga harus menginap di sidikalang karena berasal dari daerah yang jauh dan sebagainya.

Seluruh permasalahan dalam pengurusan dokumen adminduk sudah dapat diatasi secara bertahap dengan hadirnya pelayanan di Kantor Camat dan seluruh Kelurahan/Desa se-Dairi. Dikantor Camat Sumbul sudah dapat melayani seluruh pengurusan dokumen adminduk secara lengkap sehingga wargapun tidak perlu harus datang ke Dinas Dukcapil Dairi yang berada di Sidikalang. Inilah perubahan pelayanan yang semakin cepat, mudah dan hadir tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu sambutan dari perwakilan Tokoh Masyarakat Robby Lingga mengapresiasi dan sangat puas atas pelayanan Pemerintah Kabupaten Dairi yang semakin baik dan menyentuh apa yang dibutuhkan warga.

"Kami sangat merasakan pelayanan pemerintah khususnya Dinas Dukcapil Dairi dalam memberikan pelayanan pengurusan dokumen adminduk yang semakin cepat dan mudah sehingga benar-benar sangat dirasakan. Dengan terbitkan dokumen adminduk warga, terpenuhilah hak-hak konstitusional sebagai warga negera. Inillah salah satu wujud keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan Bupati Dairi,"jelas Robby dengan penuh semangat dihadapan seluruh warga yang hadir di halaman Kantor Camat Sumbul.

Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam keterangannya mengatakan Dinasnya selalu hadir dalam setiap kunker Bupati Dairi untuk memberikan pelayanan penerbitan dokumen adminduk terhadap seluruh warga. Seluruh dokumen yang dimohonkan warga akan diterbitkan pada saat itu juga.

"Dalam mendukung kunjungan kerja Bupati Dairi di Kecamatan SUmbul, kami menghadirkan pelayanan adminduk secara lengkap di Kantor Camat Sumbul, walaupun sesungguhnya pelayanan dikantor camat ini sudah sangat lengkap,"katanya.

Deddy juga menguraikan pelayanan yang disediakan seperti pengurusan Kartu Keluarga (KK), rekam dan cetak KTP-el, akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian, surat pindah, KIA dan aktivasi IKD.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi bersama Ketua TP PKK Dairi menyerahkan secara simbolis dokumen adminduk terhadap warga yang mengurus dokumen adminduk. KTP-el diserahkan kepada Tahan Barus dan Boiman, Kartu Keluarga kepada Martua Manullang dan akta lahir diserahkan kepada Marulak S. Siahaan dan Melika Hutagaol.

Sebelum meninggalkan Kantor Camat, Kadis Dukcapil Dairi merincikan capaian yang diperoleh dalam pelayanannya, 12 Kartu Keluarga (KK), 17 KTP-el, 2 surat pindah, 60 akta lahir, 2 akta kematian, 2 KIA, aktivasi IKD 28, 7 orang perekaman KTP-el dan 1 registrasi akta perkawinan.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://www.facebook.com/share/p/woEG4ZeJjkjTHmyA/?mibextid=oFDknk




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB